Asosiasi Distributor Batam siapkan 4 truk telur ayam pada operasi pasar

id Kepri,batam,operasi pasar ,inflasi,telur ayam,kepulauan riau

Asosiasi Distributor Batam siapkan 4 truk telur ayam pada operasi pasar

Warga Batam membeli telur ayam saat operasi pasar murah. (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Asosiasi Distributor Kota Batam, Kepulauan Riau menyiapkan sebanyak empat truk berisikan telur ayam pada pelaksanaan operasi pasar murah menjelang Idul Adha.

Ketua Asosiasi Distributor Kota Batam Ariyanto di Batam, Selasa, mengatakan harga jual telur ayam di pasar murah Rp57.000 per papan. Sedangkan harga telur ayam di pasar tradisional mencapai Rp59.000 per papan.

Ia menyampaikan kenaikan harga telur ayam saat ini disebabkan oleh permintaan masyarakat yang cukup tinggi.

Baca juga: Bandara Batam: Pengalihan rute saat cuaca buruk sudah sesuai prosedur

"Sebelumnya, dari Jawa itu tidak ada permintaan dari Medan. Tapi belakangan ini ada permintaan dari Jawa dan Medan, dan ada kenaikan harga pakan juga," kata Ariyanto.

Ia menjelaskan dalam pembelian telur ayam di operasi pasar murah tidak ada pembatasan.

Selain itu, kata Ariyanto, menyampaikan di Kota Batam juga ada telur ayam lokal di Barelang, namun harganya cukup tinggi karena dianggap telur segar.

Baca juga: BI sebut QRIS antarnegara permudah transaksi wisman di Kepri

"Telur Barelang ada juga, tapi dianggap telur segar karena harganya lebih tinggi. Tidak ada batasan mau beli berapa pun boleh," ujar dia.

Dengan adanya kegiatan operasi pasar murah bertujuan untuk menstabilkan harga, pengendalian inflasi serta memastikan ketersediaan pasokan pangan jelang Idul Adha.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau menggelar operasi pasar murah menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah sebagai upaya menekan angka inflasi di daerah setempat.

Baca juga: Bandara Hang Nadim investigasi lolosnya kurir sabu

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian Riau di Batam mengatakan adapun beberapa komoditas yang menjadi prioritas dalam operasi pasar murah yaitu telur ayam ras, daging ayam segar dan daging ayam beku.

"Kami rencananya akan melaksanakan operasi pasar terutama untuk telur, daging ayam potong hidup, daging ayam beku karena itu yang alami kenaikan harga," kata Gustian.

Baca juga: Kepri ingatkan sekolah tidak lakukan pungli pada PPDB 2023

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE