Gerakan Pangan Murah Batam sediakan 200 kg daging sapi beku

id Kepri,batam,gerakan pangan murah,GPM,inflasi,idul adha,daging sapi beku,kepulauan riau

Gerakan Pangan Murah Batam sediakan 200 kg daging sapi beku

Masyarakat Batam antusias dalam Gerakan Pangan Murah (GPM) dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang Idul Adha. (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Asosiasi Distributor Kota Batam, Kepulauan Riau menyebutkan 200 kilogram daging sapi beku tersedia di Gerakan Pangan Murah (GPM) menjelang Idul Adha 1444 Hijriah di daerah itu.

Ketua Asosiasi Distributor Kota Batam Ariyanto di Batam, Senin, mengatakan dalam kegiatan GPM harga daging sapi beku Rp65 ribu per kg, sedangkan di pasar tradisional Rp75 ribu per kg.

"Daging sapi beku ini kita jual lebih murah dari harga pasaran. Kalau nanti stok yang kami siapkan ini habis, kami akan tambah lagi stoknya. Sekarang kami siapkan 200 kg dulu," ujar dia.

Ia menyampaikan dalam GPM terdapat 28 distributor yang turut mendukung upaya menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang Idul Adha.

"Dari pihak asosiasi ada 28 distributor ada telur, daging sapi dan ayam beku, bawang merah dan putih, minyak, beras, gula, dan lainnya," ujar dia.

Ia juga mengatakan harga daging ayam beku Rp30 ribu dan daging kerbau beku Rp77 ribu per kilogram.

Kebutuhan pangan lainnya juga tersedia di GPM, di antaranya cabai, bawang, sayur mayur, telur, beras, dan buah-buahan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam Mardanis mengatakan GPM merupakan kegiatan serentak yang dilakukan secara nasional itu untuk menjaga stabilisasi harga menjelang hari besar.

"Digelar bersama Badan Pangan Nasional dengan dinas yang menangani urusan pangan dalam rangka menyambut hari besar nasional karena mau Lebaran pasti harga barang naik," kata dia.

Setidaknya ada 333 kota yang menggelar operasi pasar di Indonesia, termasuk Kota Batam.

Ia menyampaikan dalam GPM juga tersedia hasil panen dari petani cabai di Kota Batam.

"Cabai hijau yang ada di GPM ini hasil panen dari petani Batam, kalau cabai merah, cabai rawit itu dari daerah lain," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE