Laboratorium medis dan klinik pratama Kimia Farma Pamedan di Tanjungpinang resmi beroperasi

id Peresmian klinik kimia farma,Tanjungpinang, kimia Farma, Kepri, kepulauan riau

Laboratorium medis dan klinik pratama Kimia Farma Pamedan di Tanjungpinang resmi beroperasi

Direktur Operasional PT Kimia Farma Diagnostika, Winastanto Wibowo dan Wali Kota Tanjungpinang, Rahma memotong pita meresmikan Laboratorium Medis dan Klinik Pratama Kimia Farma Pamedan, Tanjungpinang, Kepri, Kamis (13/7/2023). (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Direktur Operasional PT Kimia Farma Diagnostika, Winastanto Wibowo, meresmikan Laboratorium Medis dan Klinik Pratama Kimia Farma Pamedan di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Peresmian ini digelar serentak di 14 kota dan 20 cabang outlet se-Indonesia yang berpusat di Laboratorium Medis dan Klinik Pratama Kimia Farma Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (13/7). 

"Sebagai bentuk mewujudkan layanan kesehatan yang berkualitas, Kimia Farma Laboratorium dan Klinik memperluas ekspansi bisnis dengan menghadirkan 20 titik outlet baru serentak di 14 kota se-Indonesia," kata Winastanto Wibowo di Tanjungpinang.

Adapun 14 kota dimaksud yaitu Kupang, Pontianak, Tanjungpinang, Palembang, Garut, Bangkalan, Pati, Majalengka, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Karawang, Bandung, Jakarta Barat dan Denpasar.

Winastanto secara khusus mengapresiasi Pemprov Kepri dan Pemkot Tanjungpinang yang telah mendukung kegiatan investasi  pendirian Laboratorium Medis dan Klinik Pratama Kimia Farma Pamedan.

Menurutnya Tanjungpinang merupakan kota dengan iklim investasi yang cukup sehat, sehingga pihaknya hadir kemari guna memberikan layanan kesehatan terbaik dan komprehensif kepada masyarakat, mulai dari apotek, klinik pratama hingga laboratorium.

"Tujuan kami hadir di sini, yaitu untuk meningkatkan derajat kesehatan warga Tanjungpinang khususnya, dan Kepri pada umumnya," ujar dia.

Ia mengutarakan bahwa peluncuran outlet baru ini juga selaras dengan langkah transformasi Kimia Farma Laboratorium dan Klinik yang telah ada di tengah masyarakat selama 13 tahun untuk memberikan pelayanan kesehatan paripurna, peningkatan mutu, serta mempermudah aksesibilitas layanan kesehatan. 

Tentunya hal ini dapat terlaksana karena dukungan dari pemerintah dan semua stakeholder terkait yang mendukung layanan kesehatan dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

"Dengan banyaknya fasilitas kesehatan swasta atau BUMN, maka pilihan layanan kesehatan bervariasi. Warga pun berhak memilih di mana mereka akan dilayani kesehatan, sehingga timbul persaingan positif dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat," ujarnya pula.

Sementara, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, mengatakan, keberadaan Laboratorium Medis dan Klinik Pratama Kimia Farma Pamedan menambah daftar laboratorium kesehatan di "Kota Gurindam" itu sebagai salah satu rujukan berobat bagi warga di beberapa pulau yang ada di Kepri.

"Warga tak lagi kesulitan untuk berobat dengan bertambahnya satu laboratorium kesehatan di Tanjungpinang," ujar Rahma.

Rahma juga berharap Laboratorium Medis Klinik Pratama dan Kimia Farma tersebut bisa melayani warga lebih cepat dan responsif sehingga warga makin percaya berobat di dalam daerah dibanding ke negara tetangga, seperti Malaysia atau Singapura. 

Selain itu, juga meningkatkan kesadaran warga untuk memeriksakan kesehatannya lebih dini sebelum berobat ke dokter.

"Dengan adanya lampiran pemeriksaan labor, tentu akan mendukung diagnosa dokter terhadap risiko penyakit pasien," ucap Rahma.

Perlu diketahui pula, klinik serta laboratorium medis ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan layanan seperti pemeriksaan kesehatan, konsultasi dokter, serta pelayanan kesehatan lainnya. Ditambah dengan adanya Ambulance serta Mobile Medical Response Unit dan Vaksin yang dapat memudahkan akses dan jangkauan pasien untuk mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi.

Pada kesempatan ini juga, sebagai komitmen dalam penurunan stunting, Kimia Farma Laboratorium & Klinik memberikan bantuan penanganan stunting berupa pemberian PMT  (Pemberian Makanan Tambahan) untuk 50 balita underweight selama 1 bulan di Kota Kupang.

Selain itu, untuk memberikan pengalaman terbaik kepada seluruh pelanggan, momen peresmian Kimia Farma Laboratorium dan Klinik dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti Senam Diabetes, Sunat Massal, Rawat Luka Diabetes, Cek Gula Darah, Injeksi vitamin C, serta 
promo keringanan biaya 35 persen untuk pemeriksaan kesehatan yang berlaku di seluruh Kimia Farma Laboratorium di Indonesia.

Tentang Kimia Farma

Laboratorium dan Klinik Kimia Farma Laboratorium dan Klinik merupakan perusahaan jaringan layanan laboratorium medis dan klinik terbesar di Indonesia. Saat ini, telah menjangkau 136 Kabupaten/Kota di 34 Provinisi dengan total 447 jejaring outlet layanan yang terdiri dari 70 lab medis yang diantaranya ada lab kerja sama rumah sakit, serta 355 klinik pratama dan 22 klinik utama yang diantaranya merupakan 
Klinik Hemodialisa, yaitu klinik spesialistik yang melayani terapi cuci darah di luar tubuh dan Klinik 
Utama layanan operasi mata (OK) mata.

Perusahaan terus menerapkan Good Laboratory practice (GLP) yang didukung oleh berbagai sertifikasi dan akreditasi hingga mendapatkan penghargaan sebagai silver champion untuk kategori Clinical Laboratory pada WOW Brand 2023.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE