Penyaluran program Indonesia pintar di Batam mencapai Rp9,81 miliar

id Kepri,batam,program indonesia pintar ,siswa,sekolah

Penyaluran program Indonesia pintar di Batam mencapai Rp9,81 miliar

Situasi belajar mengajar di salah satu sekolah tingkat SMP di Batam, Kepri (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Batam, Kepulauan Riau menyebutkan penyaluran Program Indonesia Pintar (PIP) mencapai Rp9,81 miliar untuk 18.958 siswa.


Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Tri Wahyu Rubianto di Batam, Jumat mengatakan pada tingkat SD sebanyak 10.442 siswa telah menerima penyaluran PIP dengan total Rp4,25 miliar.

 

Sementara PIP untuk tingkat SMP telah disalurkan kepada sebanyak 8.516 siswa
dengan total Rp5,56 miliar.

 

"Sesuai dengan data yang kami miliki untuk SD itu ada 11.445 siswa yang menerima PIP namun yang sudah dicairkan 10.442 siswa. Kalau SMP ada 9.431 siswa yang terdata dalam PIP, tapi yang sudah dicairkan kepada 8.516 siswa jadi memang masih banyak yang belum cair," kata Wahyu.

 

Ia menjelaskan adapun syarat ketentuan untuk mengikuti PIP, di antaranya bagi siswa yang tidak mampu dan terdata dalam DTKS, kemudian siswa yang masuk dalam pertimbangan khusus seperti siswa yang merupakan yatim piatu, siswa yang berasal dari panti asuhan atau panti sosial, serta siswa yang terdampak bencana alam.

 

"Bisa juga yang memang memiliki kebutuhan khusus. Atau ada siswa yang putus sekolah, kemudian baru aktif lagi di sekolah, itu juga bisa," ujar dia.

 

Kata Wahyu, terkait mekanisme pengajuan calon penerima PIP, pihak sekolah yang akan melakukan pendataan dan mendaftarkan data siswa ke sistem Data pokok pendidikan (Dapodik).

 

"Jadi saya juga imbau sekolah-sekolah agar seluruh sekolah mendata siswa-siswanya yang sekiranya layak ikutserta dalam PIP. Setelah mendata dan memenuhi syarat, mereka daftar kan melalui Dapodik," ujar Wahyu.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE