IPB University bentuk tim investigasi kebakaran laboratorium yang tewaskan mahasiswa

id IPB, kebakaran, laboratorium,Laboratorium terbakar, IPB university

IPB University bentuk tim investigasi kebakaran laboratorium yang tewaskan mahasiswa

Rektor IPB University Prof Arif Satria di Bogor, Jawa Barat. ANTARA/M Fikri Setiawan

Kabupaten Bogor (ANTARA) - IPB University membentuk tim khusus untuk menginvestigasi peristiwa kebakaran laboratorium yang menyebabkan satu mahasiswanya Laila Arika Sari meninggal dunia.

Rektor IPB University Prof Arif Satria di Bogor, Jawa Barat, Senin, mengatakan bahwa tim tersebut melakukan koordinasi untuk menetapkan langkah-langkah penanganan dari kebakaran di laboratorium kampus IPB University, Dramaga.

"Tiga tim telah dibentuk untuk menangani permasalahan ini, sekaligus melakukan antisipasi untuk memastikan keselamatan kerja di laboratorium serta hal-hal lain yang berkaitan dengan kehidupan kampus," kata Prof Arif.

Baca juga: Mahasiswa IPB University meninggal karena laboratorium terbakar

Tiga tim tersebut memiliki fungsi berbeda, pertama tim investigasi yang akan bekerja sama dengan kepolisian. Tim ini akan menggali kronologi detail kejadian, termasuk memeriksa prosedur baku (SOP) dan hal-hal lain yang perlu diketahui.

Kedua, tim evaluasi laboratorium yang melakukan pemeriksaan alat-alat dan fasilitas di seluruh laboratorium di IPB University. Khususnya alat-alat laboratorium yang berisiko tinggi saat digunakan.

Ketiga, tim keselamatan kerja di kampus untuk memastikan keselamatan kerja, baik dalam kegiatan akademik, pengabdian pada masyarakat, maupun dalam hal kehidupan kampus pada umumnya termasuk ketertiban dan keselamatan lalu lintas.

Baca juga: IPB buka pendaftaran mahasiswa fakultas kedokteran

"Sebagian besar tim ini berasal dari Kantor Manajemen Risiko yang akan mengevaluasi berdasarkan pedoman dan petunjuk pelaksanaan sistem manajemen laboratorium yang telah dimiliki," katanya.

Sementara itu, Sekretaris IPB University Agus Purwito mengatakan, pihaknya berupaya memaksimalkan kembali seluruh laboratorium IPB University dalam keadaan aman digunakan untuk kegiatan akademik, termasuk keselamatan kerja di seluruh aspek kegiatan dalam kehidupan kampus.

"Kami berharap kejadian ini tidak terulang lagi," kata Agus.

Baca juga: Pemprov Kepri dan IPB luncurkan beras sorgum di Bintan

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: IPB University bentuk tim investigasi kebakaran laboratorium

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE