Proyek pengembangan Pulau Rempang di Batam masuk daftar program strategis nasional

id pulau rempang, bp batam, batam, kepri, rempang eco city

Proyek pengembangan Pulau Rempang di Batam masuk daftar program strategis nasional

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait (ANTARA/ HO-BP Batam)

Batam (ANTARA) - Proyek pengembangan Rempang Eco-City di Kota Batam Kepulauan Riau masuk dalam program strategis nasional tahun ini, sesuai Permenko Bidang Perekonomian RI No. 7 tahun 2023.

"Sesuai arahan Pak Menko, pengembangan Pulau Rempang masuk dalam daftar Program Strategis Nasional. Besar harapan, program ini bisa memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Kepri, khususnya Kota Batam," kata Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait, Kamis.

Ariastuty menerangkan bahwa pemerintah pusat melalui kerja sama antara BP Batam dan PT Makmur Elok Graha (MEG) bakal menyiapkan Pulau Rempang sebagai kawasan industri, perdagangan, hingga wisata yang terintegrasi demi mendorong peningkatan daya saing Indonesia dari Singapura dan Malaysia.

Dengan nilai investasi yang ditaksir mencapai Rp 381 triliun hingga tahun 2080, lanjut Ariastuty, pengembangan Pulau Rempang diharapkan dapat memberi dampak terhadap pertumbuhan ekonomi (Spillover Effect) bagi Kota Batam serta kabupaten/kota lain di Provinsi Kepri.

"Pengembangan Rempang juga akan membuka ratusan ribu lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat Kepri, khususnya para pemuda di Kota Batam," tambahnya.

Pemerintah Republik Indonesia menargetkan, pengembangan Kawasan Rempang Eco-City dapat menyerap lebih kurang 306.000 tenaga kerja hingga tahun 2080 mendatang.

"Tidak hanya itu saja, para pemuda tersebut juga dibekali dengan pendidikan dan pelatihan khusus agar lebih siap menghadapi persaingan industri ke depannya," kata dia.

Baca juga:
BP Batam ukur batas HPK untuk pengembangan Pulau Rempang - Galang
Rudi sampaikan harapan warga Rempang ke Menko Perekonomian

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE