Gus Yahya tegaskan PBNU tidak memiliki kedekatan dengan partai politik manapun

id Yahya Cholil Staquf,Ketua PBNU,Pemilu,PKB,gus yahya

Gus Yahya tegaskan PBNU tidak memiliki kedekatan dengan partai politik manapun

Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf dalam konferensi pers persiapan pelaksanaan Munas Konbes NU di Jakarta, Jumat (15/9/2023). (FOTO ANTARA/HO-NU Online/Suwitno)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) menegaskan bahwa organisasi yang dipimpinnya tidak memiliki kedekatan dengan partai politik manapun, termasuk PKB.

"Soal hubungan dengan PKB tidak erat, memang tidak erat mas. Sama tidak eratnya dengan hubungan PBNU dengan partai yang lain. Karena semuanya ini kami anggap sama," kata Gus Yahya di Jakarta, Jumat.

Gus Yahya menjelaskan, PKB memang lahir dari rahim warga NU. Namun setelah berdiri, PBNU tidak ikut terlibat dalam menjalankan tugas-tugas kepartaian.

PKB, kata dia, harus berkompetisi secara sehat dan rasional tanpa membawa embel-embel PBNU. Ia mempersilakan masyarakat untuk menilai dan mengamati partai politik dengan rasional.

"Nah, sudah dibuatkan (partai), ya sudah. PBNU, ya, tidak bisa lagi kemudian diharuskan untuk menyuapi partai yang dibentuk ini. Silakan jalan berkompetisi dengan yang lain secara rasional," kata dia.

Ia pun meminta warga NU yang ikut dalam kontes politik untuk bersaing secara sehat dengan menunjukkan kredibilitas dan prestasi. Mereka juga diminta untuk tidak membawa NU dalam politik praktis.

"Tidak usah memperhatikan klaim-klaim atas nama NU misalnya. Kalau ada orang NU termasuk pengurus menjadi aktivis partai, itu pribadi. Bukan lembaga," kata dia.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ketua Umum: PBNU tak memiliki kedekatan dengan parpol manapun

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE