Gubernur Kepri sebut IMT-GT merupakan upaya perluasan jejaring pasar UMKM di ASEAN

id Kepri,batam,IMT GT ,jejaring pasar ,UMKM,asean,gubernur kepri,ansar

Gubernur Kepri sebut IMT-GT merupakan upaya perluasan jejaring pasar UMKM di ASEAN

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat melakukan peninjauan stan UMKM forum IMT GT di Kota Batam, Kepri (ANTARA/HO-Pemprov Kepri)

Batam (ANTARA) - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menyebutkan forum Indonesia- Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) merupakan upaya perluasan jejaring pasar UMKM di kawasan ASEAN.

Ansar di Batam, Selasa menyampaikan dengan adanya pasar dagang (expo) dari forum IMT-GT juga menjadi salah satu wadah bagi pelaku UMKM untuk bertukar pengalaman serta mempelajari penampilan dari produk-produk negara tetangga tersebut.

"Kita menyambut baik ternyata begitu antusias peserta dari provinsi Sumatera, khususnya Kepri, kemudian beberapa wilayah di Malaysia dan Thailand dalam acara ini. Bagi kita ini penting sekali agar UMKM kita bisa bertukar pengalaman, bagaimana melihat performer produk-produk negara lain," kata Ansar.

Menurutnya, produk UMKM yang berasal dari Kepri tidak kalah saing dengan produk usaha dari Malaysia dan Thailand.

"Tapi memang perlu ada sentuhan-sentuhan yang bisa bersama-sama dibina dengan program Bank Indonesia, maka program mengkurasi produk terus akan dilakukan dalam usaha kita untuk meningkatkan kualitas produk," kata dia.

Ansar mengatakan dengan kemudahan dalam mengakses platform digital terutama dalam melakukan pembayaran yang berbasis digital serta multi negara, maka akan lebih mudah bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya.

"Maka itu kita dorong kerjasama terus bersama BI Kepri agar program QRIS di Kepri terus meningkat," kata dia.

Dalam pasar dagang forum IMT-GT diikuti sebanyak 14 UMKM asal Malaysia dan 10 UMKM asal Thailand, serta para pelaku UMKM asal Indonesia kawasan Pulau Sumatera.
Baca juga:
BI Kepri sebut Gebyar Melayu Pesisir momentum dorong UMKM naik kelas

200 produk UMKM di Batam sudah bersertifikat halal

Pemprov Kepri mencanangkan Gerakan Selamatkan Pangan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE