115 orang di Pekanbaru Riau terjangkit HIV/AIDS pada Januari-Mei 2023

id Dinkes Pekanbaru, terjangkit HIV AIDS, HIV AIDS Pekanbaru,Pekanbaru, Riau

115 orang di Pekanbaru Riau terjangkit HIV/AIDS pada Januari-Mei 2023

Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy yang juga kepala Dinkes Pekanbaru.

Pekanbaru, (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, melaporkan sebanyak 115 orang terjangkit HIV/AIDS pada Januari hingga Mei 2023 dengan rincian masing-masing 74 kasus HIV dan 41 kasus AIDS.

Kepala Dinkes Pekanbaru yang juga Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy mengatakan kasus HIV/AID di kota itu semakin serius sehingga perlu penanggulangan.

"Perhatian kita semua pada pandemi COVID-19 beberapa tahun terakhir ini tidak harus melupakan epidemi HIV dan AIDS," kata Zaini Rizaldi di Pekanbaru, Sabtu.

Zaini mengatakan penyebaran HIV/AIDS masih memerlukan perhatian dan peran berbagai pihak untuk menekan penambahan kasus. "Karena ini menjadi tanggung jawab bersama baik penderita, keluarga, pemerintah, tokoh masyarakat, dan tokoh agama," kata dia.

Ia mengatakan masing-masing pihak dapat berperan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, termasuk masyarakat luas. Satuan kerja di lingkungan Pemkot Pekanbaru juga dapat berperan dalam lingkup kerja masing-masing.

"Komisi Penanggulangan AIDS sesuai tugas pokok dan fungsinya akan terus melakukan koordinasi dengan para pihak, termasuk dunia usaha," kata dia.

Pemkot Pekanbaru, kata dia, melalui Dinkes telah menyediakan layanan Kesehatan untuk penanggulangan AIDS, termasuk pengobatan baik di rumah sakit maupun pusat kesehatan masyarakat.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE