Kemenkes sebut kasus Mpox bagaikan fenomena gunung es

id Mpox,cacar monyet,Kemenkes,Monkey pox

Kemenkes sebut kasus Mpox bagaikan fenomena gunung es

Petugas kesehatan memasang poster sosialisasi penyakit cacar monyet di majalah dinding di Puskesmas Kedaung, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (1/11/2023). Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggencarkan upaya edukasi masyarakat terkait Mpox, untuk mencegah kontak yang dapat mengakibatkan penularan penyakit tersebut. (ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/foc.)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebutkan kasus cacar monyet atau Mpox di Indonesia laksana fenomena gunung es yang dasarnya belum diketahui.

Hal tersebut diutarakannya dalam menanggapi adanya pendapat pakar yang menuturkan bahwa diprakirakan telah terjadi lebih dari seribu kasus Mpox di Indonesia.

"Sama lah dengan penyakit seperti HIV, selalu ada fenomena gunung es," kata dia di Jakarta, Selasa.

Nadia menilai pendapat tersebut bisa jadi sesuai, lantaran sebelumnya Kemenkes telah memprakirakan sekitar 3.000 kasus Mpox bakal terjadi di Indonesia pada tahun ini.

"Artinya kan memang kemarin itu prakiraan daripada estimasi ya, dengan dihitung laju penularan diprakirakan satu tahun ada sekitar 3.000 kasus Mpox, saat ini kita hanya dapatkan 59," ujarnya.

Lebih lanjut, Nadia mengungkapkan hal lain yang belum ditemukan adalah kasus Mpox pada wanita. Diketahui, dari 59 kasus Mpox yang ada di Indonesia, seluruhnya terjadi pada laki-laki dengan mayoritas berorientasi seksual lelaki suka lelaki (LSL). Namun, beberapa di antaranya berorientasi biseksual, yang artinya terdapat kemungkinan terjadi penularan pada wanita yang tidak terjadi hingga saat ini.





 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkes sebut kasus Mpox bagaikan fenomena gunung es

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE