Karantina Pertanian Timika musnahkan 250 kg telur asal Jatim

id kantor karantina pertanian timika,patuh karantina,kabupaten mimika,papua tengah,telur

Karantina Pertanian Timika musnahkan 250 kg telur asal Jatim

Petugas Kantor Karantina Pertanian Timika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah memusnahkan 250 kilo gram telur asal Tulungagung, Jawa Timur. (HO-Humas Kantor Karantina Pertanian Timika)

Timika (ANTARA) - Kantor Karantina Pertanian Timika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, memusnahkan 250 kilogram telur asal Tulungagung, Jawa Timur karena tidak dilengkapi dokumen.

Penanggung Jawab Pemusnahan Kantor Karantina Pertanian Timika drh. Stepanus di Timika, Kamis, mengatakan telur-telur dari Tulungagung, Jawa Timur ini masuk ke Timika tanpa dilengkapi dokumen sertifikat kesehatan produk hewan.

"Kami memusnahkan 250 kilo gram telur yang terdiri dari telur bebek 50 kilo gram, telur ayam kampung 50 kilo gram dan telur burung puyuh 150 kilo gram," katanya.

Menurut Stepanus, pihaknya telah melakukan penahanan terhadap media pembawa berupa telur, sekaligus memberikan kesempatan bagi pemilik untuk melengkapi dokumen tetapi tidak dapat dipenuhi, sehingga harus dimusnahkan dengan cara membakar kemudian dikuburkan.

"Kami melakukan tindakan tegas memusnahkan media pembawa guna mengantisipasi penyebaran Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) di Kabupaten Mimika," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap melalui tindakan tegas ini, masyarakat dapat memahami bahwa melengkapi dokumen menjadi prosedur dan persyaratan karantina khusus produk hewan, tumbuhan dan turunannya.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Karantina Pertanian Timika musnahkan 250 kg telur asal Jawa Timur

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE