Anies Baswedan janji libatkan difabel dalam menentukan kebijakan

id Pilpres 2024,Pemilu 2024,Kampanye 2024,Kampanye AMIN,Kampanye Anies

Anies Baswedan janji libatkan difabel dalam menentukan kebijakan

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat bertemu dengan para penyandang disabilitas di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023). ANTARA/HO-Timnas AMIN)

Jakarta (ANTARA) - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan berjanji jika memenangi Pilpres 2024 dia akan melibatkan kelompok difabel dalam menentukan kebijakan pemerintah agar sesuai dengan kebutuhan kelompok rentan tersebut.

"Pendekatan yang akan dilakukan adalah kolaborasi, karena kami meyakini bahwa pemerintah bukan pihak yang paling tahu semua urusan," kata Anies saat diskusi santai bersama penyandang disabilitas di Islamic Center Bekasi, Jawa Barat, Jumat.

Anies menilai pendekatan kolaborasi menjadi pegangan penting dalam merumuskan kebijakan ke depan.

Saat memimpin sebagai gubernur DKI Jakarta, Anies mengaku pernah menyisir fasilitas disabilitas untuk menyempurnakan kebutuhan para kelompok difabel.



Nantinya, lanjut Anies, pemerintah harus membuat buku pegangan untuk pembangunan fasilitas umum yang dapat memberikan kesetaraan bagi para penyandang disabilitas.

Dia juga memaparkan rekam jejak yang pernah dia kerjakan di Jakarta terkait kebijakan untuk kelompok difabel, mulai dari pembangunan infrastruktur ramah disabilitas, peniadaan ganjil genap untuk kendaraan disabilitas, Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), hingga rekrutmen khusus untuk difabel.

"JIS (Jakarta Internasional Stadium) adalah salah satu contoh bagaimana kami membangun dengan mendengar saran dari teman-teman disabilitas," tambah Anies.

Di dalam stadion JIS, kata Anies, terdapat kursi khusus untuk penyandang disabilitas yang ingin menonton.

Baca juga:
Imigrasi Batam deportasi 227 warga negara asing

Imigrasi Batam pasang pintu otomatis di pelabuhan


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anies janji libatkan difabel dalam menentukan kebijakan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE