Bupati Karimun Lepas Kontingen Jambore Nasional

id jambore, nasional, pramuka, kontingen, karimun, bupati, nurdin, aunur, jumbara,

Karimun (ANTARA News) - Bupati Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Nurdin Basirun melepas kontingen yang terdiri atas 32 anggota Pramuka Penggalang ke Jambore Nasional IX di Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, 2-9 Juli 2011.

Nurdin Basirun dalam pelepasan yang di kediamannya di Taman Bunga, Tanjung Balai Karimun, Rabu mengatakan, seluruh anggota pramuka yang diutus ke Jambore Nasional (Jamnas) merupakan duta yang diharapkan dapat mengharumkan nama Karimun di tingkat nasional.

''Seluruh kontingen diharapkan memanfaatkan momentum ini untuk berkreasi dan mengembangkan kemampuan diri. Ini kesempatan emas untuk mencari pengalaman sebagai bekal mengembangkan Pramuka di Karimun,''  ucapnya.

Jamnas IX dengan tema "Bersatu Teguh Menuju Indonesia Gemilang" menurut dia merupakan ajang menampilkan kreativitas diri.

''Setiap anggota kontingen jangan segan-segan untuk menimba pengalaman dan bertukar fikiran dengan pramuka daerah lain,'' katanya.

Pramuka, menurut dia tidak hanya sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, tetapi wahana untuk mewujudkan generasi muda yang terampil, solidaritas tinggi dan berkarakter.

Semangat yang ditanamkan dalam gerakan pramuka, menurut dia sejalan dengan azam atau slogan Karimun, yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia.

''Pemerintah daerah mendorong tumbuh dan berkembangnya kegiatan pramuka, termasuk mengikuti even-even pramuka seperti jambore,'' ucapnya.

Ketua Umum Kwartir Cabang Pramuka Karimun Aunur Rafiq mengatakan, Jamnas yang diselenggarakan setiap lima tahun merupakan peluang emas untuk mengetahui perkembangan Pramuka daerah lain.

''Kami berharap setiap peserta mengikutinya dengan baik. Kami yakin pengalaman yang diperoleh bermanfaat sangat besar untuk kehidupan sehari-hari. Pramuka adalah gerakan yang menjunjung tinggi karakter bangsa yang santun dan punya tenggang rasa,'' tuturnya.

Selain melepas kontingen Jamnas IX, Bupati juga melepas kontingen Palang Merah Remaja Karimun yang akan mengikuti Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Nasional VII yang diselenggarakan di Gorontalo, 4-10 Juli 2011.

Jumbara nasional dengan tema ''Ceria, Cerdas dan Bersahabat", rencananya diikuti 2.500 anggota PMR usia antara 10-18 tahun dari 32 provinsi serta 35 orang dari 12 negara perwakilan organisasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.

(ANT-RD/Btm1)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE