Bandara Minangkabau ditutup dampak erupsi Gunung Marapi

id Erupsi Gunung Marapi ,Bandara Minangkabau,musibah, gunung

Bandara Minangkabau ditutup dampak erupsi Gunung Marapi

Ilustrasi - Bandara Internasional Minangkabau di Padang, Sumatera Barat. ANTARA/HO-Kemenhub

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub menginstruksikan agar Bandara Internasional Minangkabau Padang untuk ditutup sementara sebagai upaya mitigasi akibat  abu Gunung Marapi yang terdeteksi melalui pengamatan lapangan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Kristi Endah Murni menyatakan bahwa keputusan penutupan ini diambil dengan pertimbangan utama terhadap keselamatan penerbangan.

"Berdasarkan informasi, abu gunung berapi ini berdampak pada dua puluh sembilan penerbangan. Akibatnya, satu penerbangan harus kembali ke bandara asal atau return to base dan satu lainnya harus mengalihkan pendaratan ke bandara lainnya," kata Kristi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Empat orang tewas dalam kecelakaan kereta api di Bandung

Kristi menyampaikan, penutupan bandara hari ini diumumkan melalui Notice to Airmen (NOTAM) dengan Nomor B0030/24 NOTAMN mulai pukul 10.45 WIB sampai dengan pemberitahuan selanjutnya, dikarenakan alasan keselamatan penerbangan terutama adalah sebaran abu vulkanik dapat membahayakan dan menghentikan kerja mesin pesawat terbang.

Kemenhub melalui Otoritas Bandara Wilayah VI Padang akan terus melakukan monitoring dan pengawasan perkembangan situasi tersebut berupa pengamatan lapangan yang dilakukan dengan interval 30 menit sampai 1 jam sekali pada beberapa titik di sekitar bandara.

Bahwa dengan adanya keadaan kahar (force majeure) tersebut, Kristi kemudian mengimbau kepada maskapai penerbangan untuk memberikan kompensasi kepada penumpang yang telah membeli tiket, termasuk opsi full refund, reschedule, ataupun re-route ke bandara terdekat jika ketersediaan kursi masih tersedia.

Baca juga: BPBD Natuna pantau lima lokasi rawan banjir

Menurut dia, hal ini diharapkan dapat membantu penumpang yang terkena dampak penutupan bandara.

Kemenhub memahami bahwa kebijakan ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan, namun demikian keselamatan seluruh pihak terlibat tetap menjadi prioritas utama.

"Kami menghargai pengertian dan kerjasama dari seluruh pihak yang terlibat dalam situasi ini, dan semoga kondisi di Bandara Minangkabau cepat kembali normal," kata dia.


Baca juga:
478 penumpang selamat dalam kecelakaan kereta di Bandung

KAI minta maaf atas kecelakaan KA di Bandung

Kereta Api Turangga tabrakan dengan KA Lokal Cicalengka di Bandung



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bandara Internasional Minangkabau ditutup imbas erupsi Gunung Marapi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE