Ganjar sebut pernyataan Prabowo soal otak lambat itu sangat sadis

id Debat Kelima Pilpres,Debat Pilpres 2024,Debat Ketiga Capres,Pemilu 2024,Pilpres 2024,Capres Ganjar Pranowo,Capres Prabow,Debat

Ganjar sebut pernyataan Prabowo soal otak lambat itu sangat sadis

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud Md. berpose usai tiba di lokasi debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo mengatakan pernyataan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengenai orang yang menginginkan internet gratis memiliki otak lambat merupakan pernyataan yang sadis.

"Jika kita berbicara bahwa orang yang pilih internet gratis, maaf, otaknya lambat, saya kira statement itu sangat sadis," kata Ganjar dalam debat kelima Pemilu 2024 di Jakarta, Ahad malam.

Sebelumnya, Prabowo tercatat pernah melontarkan sindiran dengan membandingkan antara orang yang mengutamakan internet gratis ketimbang makan gratis.

Hal itu disampaikan Prabowo saat berkampanye di Pontianak, Kalimantan Barat, 20 Januari 2024.

Baca juga: Ganjar-Mahfud pakai jaket varsity di debat kelima capres

"Orang yang bilang rakyat enggak minta makan itu anaknya saya kira otaknya agak ... agak lamban," kata Prabowo kala itu.

Menanggapi pernyataan tersebut, dalam debat Ganjar memaparkan bahwa terdapat kurang lebih 12.000 desa yang masih belum mendapatkan koneksi internet, padahal Indonesia ingin mendigitalisasi sejumlah fasilitas, di antaranya di bidang pendidikan dan kesehatan.

Karenanya, Ganjar bersama Calon Wakil Presiden Mahfud Md. memasukkan program internet gratis dalam visi dan misinya.

Prabowo pun membantah bahwa kalimat yang ia sampaikan memiliki makna yang dimaksud Ganjar.

"Mungkin tidak lengkap yang Bapak dengar ucapan saya. Yang saya katakan adalah mana yang lebih penting, internet gratis atau makan gratis untuk orang miskin?" kata Prabowo.

Baca juga: Slepet Imin, Muhaimin serap aspirasi tenaga kesehatan di Jember

Ia menekankan bahwa ucapannya adalah internet gratis tidak penting jika dibandingkan dengan makan gratis yang menurutnya program strategis untuk mengatasi banyak masalah.

"Saya enggak bermaksud internet gratis itu tidak penting. Kalau dibandingkan dengan makan gratis, menurut saya, itu strategic untuk mengatasi banyak masalah," kata dia.

Menanggapi jawaban Prabowo, Ganjar mengatakan bahwa klarifikasi tersebut sudah terlambat karena publik sudah berada di internet dan menjadi jejak digital.

"Inilah hebatnya kalau coverage internetnya bagus. Jejak digital tidak akan pernah hilang. Maka, statement Bapak yang hari ini mencoba mengklarifikasi rasa-rasanya di publik sudah lewat karena pernyataan Bapak sangat clear dan membandingkan itu," kata dia.

Debat kelima yang diikuti tiga capres malam ini menjadi rangkaian penutup acara debat yang digelar KPU RI.

Baca juga: Prabowo mengaku ikut latihan debat, takut dikasih nilai rendah lagi



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ganjar kepada Prabowo: Pernyataan otak lambat itu sangat sadis

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE