370 kotak suara didistribusikan melalui laut ke Belakangpadang

id Kepri,batam ,pemilu,2024,logistik,pulau,belakang padang

370 kotak suara didistribusikan melalui laut ke Belakangpadang

Proses pengiriman logistik Pemilu 2024 menggunakan kapal (boat) ke Pulau Belakangpadang, Batam (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Sebanyak 370 kotak suara Pemilu 2024 didistribusikan melalui jalur laut menggunakan kapal (boat) ke Pulau Belakangpadang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Camat Belakangpadang Yudi Admajianto di Batam, Kamis mengatakan 370 kotak suara beserta dengan logistik lainnya tersebut akan didistribusikan ke 30 pulau yang menjadi titik lokasi pencoblosan Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang.

"Jadi memang di Belakangpadang ini ada enam kelurahan dengan 164 pulau dan 44 pulau berpenghuni. Dari 44 pulau itu , mungkin yang ada TPS sekitar 30-an pulau," kata Yudi.

Ia menyebutkan dalam proses pendistribusian logistik Pemilu, transportasi dan cuaca menjadi kendala.

"Jadi kondisinya ini permasalahannya adalah transportasi, baik itu pada saat pendistribusian dari kecamatan ke kelurahan. Kemudian dari kelurahan distribusi lagi ke pulaunya. Kemudian juga nanti pas pengembalian," ujar dia.

Selain itu, cuaca juga kendala, dan kami sudah sampaikan kepada PPS-KPPS apabila cuaca kurang bersahabat untuk tidak memaksakan diri," tambah Yudi.

Berdasarkan data, terdapat 74 TPS yang ada di Pulau Belakangpadang, yang tersebar di enam kelurahan, dengan jumlah pemilih 15.310 orang.

Adapun TPS di Pulau Belakangpadang tersebar di Kelurahan Pulau Pemping sebanyak empat TPS, Kelurahan Pulau Kasu sebanyak 13 TPS, Kelurahan Pulau Terung sebanyak tiga TPS, Kelurahan Sekanak Raya sebanyak 22 TPS, dan Kelurahan Tanjungsari sebanyak 19 TPS.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Kepulauan Riau memastikan pendistribusian logistik Pemilu 2024 dari gudang KPU ke gudang di setiap kecamatan yang ada di kota itu, rampung pada 12 Februari 2024.

Ketua KPU Batam Mawardi di Batam, Rabu mengatakan secara keseluruhan terdapat 3.241 TPS di Kota Batam, dan 337 TPS lainnya sudah mulai didistribusikan, yaitu Kecamatan Pulau Galang sekitar 62 TPS, Kecamatan Pulau Bulang 37 TPS dan Kecamatan Sei Beduk 238 TPS.

Ia juga memastikan, sebelum dikirim, pihaknya melakukan pengecekan setiap kotak suara berisi masing-masing surat suara DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD, Presiden dan Wakil Presiden.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE