Pemkot Batam imbau OPD hadirkan inovasi pelayanan publik

id Kepri,batam ,inovasi ,OPD ,Pelayanan publik

Pemkot Batam imbau OPD hadirkan inovasi pelayanan publik

Pemkot Batam melakukan sosialisasi Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pelaksanaan Lomba Inovasi Kota Batam 2024 di ruang rapat Hang Nadim Lantai IV, Senin, (19/02/2024). (ANTARA/HO-Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau mengimbau kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menghadirkan inovasi terbaru dalam mendukung dan mempercepat dalam pelayanan publik.

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid di Batam, Senin mengatakan untuk mendukung hal tersebut, Pemkot Batam melakukan sosialisasi Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pelaksanaan Lomba Inovasi Kota Batam 2024.

Ia menjelaskan berdasarkan Peraturan Wali Kota Batam Nomor 176 Tahun 2022 tentang Makmal Inovasi Daerah Pasal 20 ayat (1) bahwa wali kota dapat memberikan penghargaan dan dukungan kepada perangkat daerah, kecamatan/kelurahan, UPT dan ASN yang berhasil menciptakan inovasi daerah yang inovatif.

Dengan begitu, Pemkot Batam melalui Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kota Batam akan menggelar Batam Inovation Award (BIA) Tahun 2024 untuk mendorong OPD di lingkungan Pemkot Batam membuat satu inovasi.

"Bicara inovasi, Batam Alhamdulillah berada diperingkat ke 2 pada penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023 lalu. Inovasi ini sangat penting dan bukan hanya sekedar penghargaan saja, tapi bagaimana menciptakan inovasi untuk melayani masyarakat," kata Jefridin.

Dengan begitu, ia berpesan agar para OPD selalu giat dan semangat dalam membuat inovasi terbaik, yang bertujuan memberikan pelayanan lebih cepat, efisien dan efektif kepada masyarakat.

Jefridin berharap pada tahun 2024, seluruh OPD, UPTD, camat, lurah, sekolah dapat mengirimkan inovasi sehingga pada tahun ini ada 300 inovasi.

"Di tahun 2023 terdapat 173 inovasi sesuai dengan Keputusan Wali Kota Batam Nomor 454 Tahun 2023 tentang Penetapan Nama-nama Inovasi Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Batam. Harapannya jika seluruh OPD, camat, lurah, UPTD dan sekolah membuat inovasi maka akan ada lebih dari 300 inovasi di tahun ini," ujar dia.

Ia menjelaskan bahwa setiap inovasi yang dilaporkan ditindaklanjuti dengan melengkapi data dukung sesuai indikator yang telah ditentukan.

"Sebagai daerah yang berbatasan dengan negara tetangga dan sebagai daerah maju maka harus memiliki inovasi. Perangkat daerah harus semangat dalam menciptakan inovasi di lingkungan kerjanya," kata Jefridin.

Sementara itu, Kepala Bapelitbangda Kota Batam Dalina Nopilawati menyampaikan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 104, Pasal 20 ayat (1), pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota dapat memberikan penghargaan dan/atau insentif kepada anggota dewan perwakilan rakyat daerah, perangkat daerah, badan layanan umum daerah, badan usaha milik daerah, aparatur sipil negara dan masyarakat yang berhasil menerapkan inovasi.

Ia menjelaskan ada empat tahapan dalam penilaian BIA Tahun 2024 yaitu melakukan penjaringan peserta yang akan dilaksanakan pada 13 Februari sampai dengan 6 Mei 2024, tahap seleksi dan penetapan nominator dari tiap-tiap kategori yang akan berlangsung pada tanggal 7 sampai 23 Mei 2024.

"Kemudian tahap ketiga merupakan tahap penjurian dan penetapan pemenang masing-masing kategori yang akan mulai dilakukan pada tanggal 24 Mei sampai dengan 03 Juni 2024. Terakhir pengumuman dan acara penganugerahan pemenang lomba inovasi daerah tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada minggu ke-3 di bulan Juni 2024," kata Dalina.

Kata dia, sesuai pedoman umum indeks inovasi daerah tahun 2023, satu inovasi daerah yang dikirim bernilai 0,38.

"Dengan demikian semakin banyak inovasi yang dikirimkan, nilai Indeks Inovasi Daerah (IID) juga akan semakin tinggi. Dengan nilai maksimal 76 (200 inovasi)," ujar dia.

Dalina menyampaikan pada tahun 2023, tim teknis Bapelitbang memilih sebanyak 17 inovasi yang dikirim, pemilihan berdasarkan kelengkapan data pendukung yang diminta dengan skor kematangan minimal 79.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE