Gubernur Ansar: Menaker bantu peralatan BLK Kabupaten Karimun

id Menteri tenaga kerja,gubernur riau,ansar ahmad, gubernur ansar

Gubernur Ansar: Menaker bantu peralatan BLK Kabupaten Karimun

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menemui Menaker RI, Ida Fauziah di Komplek Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Kamis (22/2/2024).  (ANTARA/HO-Humas Pemprov Kepri)

Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengatakan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker)  Ida Fauziah bersedia membantu kelengkapan peralatan gedung workshop Balai Latihan Kerja (BLK) di Kabupaten Karimun.

"Alhamdulillah, Ibu Menteri menyambut baik usulan kita terkait permohonan bantuan peralatan BLK Karimun," kata Gubernur Ansar dalam keterangan pers tertulis usai menemui Menaker Ida Fauziah di Komplek Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Kamis.

Kedatangan Gubernur Ansar kali ini dalam rangka koordinasi lanjutan setelah selesainya pembangunan gedung workshop BLK Karimun.

Baca juga: Bintan kembali buka kebun binatang mini

Pada pertemuan tersebut, Gubernur Ansar menyampaikan permohonan bantuan peralatan kepada Menaker Ida Fauziah, khususnya kebutuhan peralatan kejuruan teknik pengelasan dan teknik listrik pada BLK Karimun.

Gubernur Ansar juga menyampaikan kepada Menaker bahwa Kepri telah membentuk Satuan Pelayanan BLK Karimun berdasarkan Keputusan Gubernur Kepri Nomor 232 Tahun 2024 tentang Satuan Pelayanan BLK Karimun pada Unit Pelaksana Teknik Daerah BLK dan Pengembangan Produktivitas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kepri.

"Kami juga mengundang Ibu Menteri agar dapat meresmikan BLK Karimun," ucap Ansar.

Baca juga: Pemprov Kepri bakal gelar festival halal fair meriahkan Ramadhan 2024

Ia memaparkan gedung workshop BLK Karimun akan berfokus pada pelatihan keahlian teknik las, kelistrikan, dan mekanikal (alat berat) yang ke depan diharapkan dapat memberi kontribusi terhadap penyediaan tenaga kerja terampil melalui pelaksanaan program pelatihan yang link and match dengan kebutuhan industri di daerah setempat.

"Karimun merupakan daerah yang memiliki kawasan industri shipyard yang sangat potensial dalam penyerapan tenaga kerja, terutama tenaga kerja dengan keahlian pengelasan, sehingga ditetapkan bahwa bantuan peralatan kejuruan pengelasan untuk Satuan Pelayanan BLK Karimun menjadi jadi skala prioritas," ucapnya.

Sementara itu Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah mengapresiasi Pemprov Kepri yang terus memberikan perhatian serius dalam proses pembangunan BLK Karimun.

Baca juga: Pemprov Kepri siapkan Batam-Bintan untuk jadi destinasi MICE di Indonesia

Menurutnya, Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) juga akan membantu melengkapi isi dan peralatan BLK Karimun, sehingga dapat beroperasi dengan maksimal sesuai tujuan pembangunan BLK tersebut.

“Secepatnya akan segera kami proses dengan mekanisme yang ada, melalui Direktorat Kelembagaan Pelatihan Vokasi akan bersedia menyalurkan bantuan itu. Semoga bulan Juni 2024 sudah bisa dieksekusi,” ucap Menaker Ida Fauziah.

Baca juga: PHRI siap perkuat ekosistem pariwisata di Indonesia

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE