Pemkot Batam meraih predikat kualitas tertinggi layanan publik

id Kepri,batam ,pelayanan publik,kepatuhan

Pemkot Batam meraih predikat kualitas tertinggi layanan publik

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid (ANTARA/HO-Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau meraih predikat kualitas tertinggi dalam penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 dari Ombudsman Republik Indonesia (RI).

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid di Batam, Sabtu, mengatakan Pemkot Batam berhasil memperoleh nilai 89.47 dengan kategori A, predikat kualitas tertinggi dan masuk ke dalam zona hijau.

Ia menambahkan, hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan terhadap pejabat dan unit pelayanan di lingkungan Pemkot Batam.

“Pemkot Batam berkomitmen untuk memberikan pelayanan publik sesuai standar operasional yang sudah ditetapkan. Terima kasih kepada Ombudsman RI yang sudah memberikan penilaian sehingga dalam penilaian kepatuhan penyelenggaraan publik tahun 2023 Pemkot Batam masuk di zona hijau,” ujar Jefridin.

Adapun tujuh unit layanan yang berhasil meraih predikat tertinggi pada hasil rekapitulasi penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik pemerintah daerah tahun 2023, yaitu Puskesmas Sungai Lekop 93.38, Puskesmas Tanjunguncang 92.14, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat 91.13.

Kemudian Dinas Kesehatan dengan nilai 89.54, Dinas Pendidikan 88.03, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) 86.77, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 85.32," kata dia.

Jefridin mengatakan, sesuai rekomendasi yang diberikan Ombudsman RI, apresiasi dapat diberikan prioritas penganggaran terhadap unit layanan dengan nilai 78.00-100, agar dapat meningkatkan dan menyempurnakan penyelenggaraan pelayanan publik.

Menurutnya, hal tersebut sebagai antisipasi menurunnya kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

Selain itu, Pemkot Batam juga harus melakukan koordinasi dengan Ombudsman RI untuk mendapatkan pendampingan dalam rangka perbaikan penyelenggaraan pelayanan publik.

"Tentunya prestasi yang telah diraih menjadi motivasi untuk Kita lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat,” demikian Jefridin.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE