Mendagri lantik Sekda Riau sebagai Penjabat Gubernur

id Menteri Dalam Negeri,Mendagri,Tito Karnavian,Pj Gubernur Riau,SF Hariyanto

Mendagri lantik Sekda Riau sebagai Penjabat Gubernur

Mendagri Muhammad Tito Karnavian (kiri) melantik Sekda Provinsi Riau SF Hariyanto (kanan) sebagai pj. Gubernur Riau di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Kamis (29/2/2024). (ANTARA/HO-Puspen Kementerian Dalam Negeri)

Jakarta (ANTARA) - Mendagri Muhammad Tito Karnavian melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau SF Hariyanto sebagai Penjabat Gubernur Riau menggantikan Edy Nasution berdasarkan Keppres Nomor 36/P Tahun 2024.

"Tolong kepercayaan yang diberikan pimpinan negara, Bapak Presiden, dengan menandatangani Keppres tentang penjabat ini agar dijalankan sebaik-baiknya," kata Tito berdasarkan keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Tito berharap amanah yang diberikan tersebut dapat dijalankan oleh Hariyanto dengan baik.

Menurut dia, apabila amanah tersebut dijalankan dengan baik, maka akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Sementara itu, Tito mengingatkan Hariyanto agar dapat membangun hubungan baik dengan jajarannya, termasuk bupati/wali kota dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Selain itu, Hariyanto juga perlu membangun hubungan yang baik dengan masyarakat, sehingga mendapat dukungan terhadap berbagai program yang dijalankan.

Langkah itu, lanjut dia, misalnya dengan rajin turun ke lapangan menemui masyarakat untuk menyerap berbagai aspirasi.

"Kemudian memiliki pijakan yang kuat, fondasi yang kuat untuk kokoh berdiri, yaitu kepercayaan rakyat, yaitu disukai rakyat,” ujar Tito.

Menurut Tito, cara-cara tersebut dapat menjadikan seorang pemimpin menjadi pemimpin yang kuat.

Tito menjelaskan hal itu dikarenakan seorang pemimpin yang kuat tidak hanya ditopang oleh struktur pimpinan di atasnya, tetapi juga dukungan dari jajaran di sekitarnya.

Lebih lanjut, Tito juga mendorong Hariyanto agar memiliki konsep mengenai program yang perlu dikerjakan untuk Provinsi Riau.

Tito menilai Provinsi Riau merupakan salah satu daerah penting dengan jumlah penduduk yang terbilang banyak, dan ditunjang dengan sumber daya alam melimpah.

Oleh sebab itu, dia menekankan agar Hariyanto dapat memperkuat kapasitas masyarakat untuk mengelola sumber daya alam tersebut.

"Dibuat program-program untuk memperkuat sumber daya manusianya menjadi tenaga kerja yang unggul, terampil, berwawasan luas, dan sehat,” kata Tito.

Sementara itu, SF Hariyanto dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru, Kamis, mengaku mendapat beberapa catatan dari Mendagri terkait tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan. 

"Alhamdulillah, tadi saya sudah dilantik oleh Mendagri. Ada beberapa catatan kepada saya dan juga kepada rekan-rekan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yakni kita harus bisa bekerja sama. Apalagi seorang pemimpin itu tidak bisa bekerja sendiri, harus bekerja sama. Selain itu Mendagri juga mengingatkan pemimpin itu harus bisa memberikan contoh yang baik," kata SF Hariyanto yang sebelumnya menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau.

Adapun amanah yang diberikan Mendagri, lanjutnya, bekerja sama dalam menjalankan tugas baik dalam pemerintahan maupun non-pemerintahan, serta menyelesaikan dan melanjutkan tugas yang ditinggalkan oleh gubernur sebelumnya.

Selanjutnya menyiapkan program kerja dengan baik serta menyelesaikan program kerja tahun 2024. Lalu mengatasi masalah tengkes, hingga menjaga angka inflasi di Riau tetap stabil.

"Saya akan melaksanakan tugas dan amanah itu. Tapi saya tidak bisa bekerja sendiri. Saya bekerja dengan tim. Insya Allah tim Pemprov Riau sudah biasa melaksanakan itu," ucapnya. 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE