Perumda Natuna beri pelayanan air gratis ke masjid selama Ramadhan

id Air minum

Perumda Natuna beri pelayanan air gratis ke masjid selama Ramadhan

Mobil tangki air Perumda Air Minum Tirta Nusa (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) -
Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Nusa Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, memberikan pelayanan air gratis ke setiap masjid dan surau yang membutuhkan air selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah.
 
Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Nusa Kabupaten Natuna Zaharuddin di Natuna, Selasa, mengatakan hal tersebut dilakukan atas permintaan Bupati Natuna agar masyarakat Muslim bisa beribadah dengan nyaman.

"Kami mengutamakan melayani masjid dan surau," ucap dia.
 
Menurut dia, biaya operasional pengantaran air untuk masjid dan surau ditanggung oleh pihaknya.
 
"Biaya kami yang tanggung. Kami akan melayani dengan maksimal selama Ramadhan dan Lebaran 2024," kata dia.
 
Ia mengatakan air yang dialirkan ke rumah masyarakat dan air yang didistribusikan dengan menggunakan mobil tangki merupakan air yang bersumber dari Gunung Ranai.

Saat ini, kata dia, sumber air masih dalam keadaan normal, namun jika Natuna tidak diguyur hujan hingga dua bulan ke depan maka sumber air akan berkurang dan pihaknya akan melakukan pendistribusian bergilir.
 
"Harus kita lakukan pendistribusian bergilir karena debit air berkurang. Pendistribusian bergilir harus dilakukan agar masyarakat bisa mendapatkan air," ujar dia.
 
Ia menjelaskan sistem perpipaan belum canggih, sehingga ketika sumber air berkurang, rumah yang berada jauh dari sumber air berpotensi tidak mendapatkan air ketika tidak dilakukan pendistribusian bergilir.

"Selain melayani air melalui Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), kami juga melayani air melalui mobil tangki," katanya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE