Pelni Tanjungpinang ajak warga beralih beli tiket kapal melalui aplikasi Pelni mobile

id Tiket kapal pelni,pelni,kepri,tanjungpinang,tiket online,aplikasi Pelni mobile,tiket kapal,tiket mudik

Pelni Tanjungpinang ajak warga beralih beli tiket kapal melalui aplikasi Pelni mobile

Kepala Pelni Cabang Tanjungpinang, I.B.A Putra Kencana. ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - PT Pelni Cabang Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengajak masyarakat beralih membeli tiket kapal secara online melalui aplikasi Pelni mobile.

Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa melihat jadwal keberangkatan kapal, lalu memesan tiket dan membayarnya dari rumah dengan metode transfer payment online atau pembayaran nontunai.

"Jadi, warga tak perlu lagi antre beli tiket manual di loket kantor Pelni," kata Kepala Pelni Cabang Tanjungpinang I.B.A Putra Kencana, Rabu.

Putra menyebut aplikasi Pelni mobile dapat diunduh di aplikasi playstore telepon seluler berbasis android. Bagi masyarakat yang memesan tiket kapal lewat aplikasi itu akan mendapatkan kode pemesanan tiket.

Baca juga: Pelni Batam sediakan 1.172 tiket arus mudik program tiket gratis lebaran

Selanjutnya, kode pemesanan tiket tersebut akan ditukar dengan boarding pass saat hendak berangkat di pelabuhan.

"Dengan borading pass itulah, penumpang bisa naik ke kapal Pelni," ujarnya.

Putra menyampaikan bahwa Pelni Tanjungpinang sudah cukup lama menerapkan pembelian tiket dengan sistem online, namun belum semua masyarakat yang memanfaatkan kemudahan tersebut. Ada beberapa kendala, di antaranya keterbatasan sinyal handphone hingga belum paham mengoperasikan aplikasi Pelni mobile.

Baca juga: Pelni sediakan sebanyak 780 tiket gratis untuk arus balik dari Medan menuju Batam

Oleh karena itu, sebagian warga masih tetap membeli tiket dengan mendatangi langsung loket tiket kantor Pelni Tanjungpinang. Secara bertahap, warga diharapkan mulai melakukan pembelian tiket lewat aplikasi Pelni mobile.

"Kalau secara manual tetap kita layani sambil mengedukasi mereka agar ke depan menggunakan aplikasi Pelni mobile untuk pembelian tiket kapal," ujar Putra.

Lanjut Putra turut mengimbau jelang arus mudik lebaran Idul Fitri 2024, masyarakat lebih bijak memilih jadwal keberangkatan kapal Pelni sekaligus tidak memaksakan diri untuk berangkat ketika kapal sudah penuh. Hal ini demi keamanan dan keselamatan penumpang di atas kapal.

"Kalau kapal sudah penuh, silakan cari jadwal lain, karena jumlah penumpang tidak boleh melebihi kapasitas muatan kapal," demikian Putra.

Baca juga:
Pelni Tanjungpinang siapkan empat kapal untuk layani mudik lebaran 2024

Pelni Tanjungpinang mulai layani masyarakat yang daftar mudik gratis Lebaran 2024

Pelni sediakan 19 kapal layani mudik gratis Lebaran 2024, termasuk Batam-Belawan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE