Nelayan temukan tiga mayat di laut Aceh Jaya yang diduga warga Rohingya

id Aceh,Rohingya ,Penemuan mayat ,Nelayan ,Tim SAR,Pengungsi,mayat mengapung,jasad rohingya,warga rohingya,aceh barat,laut aceh jaya

Nelayan temukan tiga mayat di laut Aceh Jaya yang diduga warga Rohingya

Ilustrasi - mayat mengapung (ANTARA/HO)

Banda Aceh (ANTARA) - Nelayan Aceh Jaya menemukan tiga jasad yang diduga mayat warga Rohingya mengapung di perairan laut Calang, Kecamatan Krueng Sabee dan Rigaih, Kecamatan Setia Bakti Aceh Jaya, Sabtu (23/3).

Komandan Operasi Satgas SAR Aceh Jaya, Mirza, saat dikonfirmasi di Aceh Jaya membenarkan pihaknya sudah menerima laporan terkait penemuan mayat di dua lokasi di perairan laut Calang dan Rigaih.

“Sekitar jam 09.00 WIB ada ditemukan oleh nelayan Calang di daerah Kareung Laot Calang satu mayat, dan nelayan Rigaih menemukan dua mayat,” kata Mirza.

Dia menjelaskan kalau saat ini pihaknya sedang mengonfirmasi kepada pihak Basarnas Meulaboh untuk meminta bantuan evakuasi ketiga jasad tersebut.

Pihaknya menduga, ketiga mayat tersebut merupakan jasad para pengungsi Rohingnya korban kapal karam di kawasan Meulaboh Aceh Barat beberapa hari lalu.

“Untuk saat ini mayat tersebut masih di laut, belum dievakuasi, kita prediksikan jasad tersebut warga Rohingnya korban kapal karam," ujarnya.

Dugaan tiga jasad tersebut adalah para pengungsi Rohingya karena memang sejauh ini tidak ada informasi lain soal warga Aceh Jaya yang hilang di lautan.

Baca juga: ASDP Telaga Punggur Batam buka pemesanan tiket daring antisipasi antrean panjang

Sebelumnya diberitakan bahwa ratusan warga etnis Rohingya dilaporkan mengalami kecelakaan di perairan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat pada Rabu pagi sekitar pukul 08.00 WIB, setelah kapal yang mereka tumpangi diduga terbalik di perairan setempat atau sekitar 16 mil dari daratan Aceh Barat.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Mimi Al Nur kepada wartawan, Rabu di kantornya membenarkan adanya informasi satu kapal etnis Rohingya yang tenggelam di perairan Kabupaten Aceh Barat.

"Saat ini ada enam warga Rohingya yang telah dievakuasi nelayan dan di antar ke kantor Camat Samatiga, sisanya masih ada sekitar seratusan orang mengapung di laut," kata Mimi Al Nur.

Baca juga: BPBD Natuna pastikan karhutla di Kecamatan Batubi aman dan terkendali

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Nelayan temukan tiga mayat diduga Rohingya mengapung di laut Aceh Jaya

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE