BPBD Natuna pastikan karhutla di Kecamatan Batubi aman dan terkendali

id Karhutla Natuna,kepri,natuna,karhutla,kebakaran hutan dan lahan,Kecamatan Batubi,bpbd natuna

BPBD Natuna pastikan karhutla di Kecamatan Batubi aman dan terkendali

Foto bersama usai melakukan peninjauan. ANTARA/HO-BPBD Natuna

Natuna (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau memastikan kondisi lingkungan pascakebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Bunguran Batubi dalam keadaan aman dan terkendali.
 
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Natuna Zulheppy saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Sabtu, mengatakan pihaknya bersama pemangku kepentingan lainnya sudah melakukan peninjauan terhadap wilayah tersebut.
 
"Tim kabupaten meninjau lokasi karhutla untuk melihat langsung di lapangan," ucap dia.
 
Dari hasil peninjauan tersebut tim tidak menemukan bahaya yang mengancam masyarakat sekitar. Oleh karena itu tim menyimpulkan bahwa status karhutla tersebut belum bisa ditetapkan sebagai siaga darurat meski lahan yang telah terbakar mencapai 240 hektare.
 
"Kondisi belum bisa masuk ke fase siaga darurat apalagi tanggap darurat," ucap dia.
 
Adapun tim yang turun untuk meninjau dan melakukan kajian terhadap kondisi lingkungan pascakebakaran antara lain BPBD, Dinas Kesehatan, Kepala Stasiun Meteorologi Ranai, Dinas Lingkungan Hidup, serta pemerintah kecamatan.
 
"Pemerintah Kabupaten Natuna belum mengeluarkan status siaga darurat apalagi tanggap darurat," ucap dia menegaskan kembali.
 
Meski demikian, sambung dia, pihaknya mengimbau masyarakat di wilayah tersebut untuk senantiasa menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan pasalnya wilayah tersebut masih terdapat kabut asap tipis
 
"Kita minta untuk selalu menggunakan masker saat melintasi wilayah terdampak," imbuh dia.

Pada pemberitaan sebelumnya, sedikitnya lahan seluas 240,77 hektare di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau hangus terbakar dan berdampak pada terganggunya aktivitas lalu lintas.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Natuna Raja Darmika saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Kamis, mengatakan peristiwa terjadi pada Rabu (20/3) di Desa Gunung Putri, Kecamatan Bunguran Batubi.

"Luas lahan yang terbakar pada 20 Maret 2024 sekitar 240,77 hektare," ucap dia.
 
Baca juga:
BPBD Natuna berikan masker kepada warga terdampak asap karhutla

Lahan seluas 240 hektare di Natuna terbakar

BNPB: Karhutla mulai mendominasi di Pulau Sumatera


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD Natuna pastikan karhutla di Kecamatan Batubi aman dan terkendali

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE