Panglima TNI mutasi 52 perwira tinggi, termasuk Kepala BAIS

id mutasi pati TNI,perwira tinggi TNI,mutasi TNI,Panglima TNI,Jenderal Agus Subiyanto,Kapuspen TNI,Mayjen Nugraha Gumilar,K

Panglima TNI mutasi 52 perwira tinggi, termasuk Kepala BAIS

Arsip - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyantoâ (ANTARA/Melalusa Susthira K.)

Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melakukan mutasi 52 perwira tinggi, termasuk di antaranya Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) Letjen TNI Rudianto  digantikan Mayjen TNI Yudi Abrimantyo yang sebelumnya menjabat  Kepala Badan Instalasi Strategis Pertahanan (Kabainstrahan) Kemhan RI.
 
Kebijakan itu tercantum dalam Surat Keputusan (Skep) Panglima TNI Nomor Kep/329/III/2024 yang ditandatangani oleh Agus Subiyanto pada Jumat (22/3) sebagaimana dibenarkan oleh Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Dalam SKep itu, Panglima TNI memberi promosi jabatan, di antaranya kepada Mayjen TNI Yudi Abrimantyo, sementara Letjen TNI Rudianto kena rotasi menjadi Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI menggantikan Laksamana Madya TNI Dadi Hartanto, yang juga kena rotasi sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) TNI.

Letjen TNI (Mar) Suhartono yang sebelumnya menjabat Irjen TNI, dimutasi ke Markas Besar TNI AL (Mabesal) sebagai perwira tinggi Mabes TNI AL dalam rangka pensiun.

Kemudian, di lingkungan TNI AL, beberapa jabatan juga kena rotasi, di antaranya Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I dijabat oleh Laksamana Muda TNI Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, yang sebelumnya mengemban amanah sebagai Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI AL (Danseskoal).

Wakil Komandan Seskoal (Wadan Seskoal) Laksamana Pertama TNI Fauzi dipromosikan sebagai Danseskoal.
 
 Laksamana Muda TNI Kisdiyanto yang sebelumnya bertugas sebagai Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, dimutasi menjadi Staf Khusus KSAL. Jabatan lama Kisdiyanto diisi oleh Brigjen TNI Rudy Syamsir, yang sebelumnya bertugas sebagai Asisten Deputi Koordinasi HAM pada Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan HAM Kemenkopolhukam RI.

Dari jajaran perwira tinggi TNI Angkatan Udara, perwira yang kena rotasi, yaitu Marsekal Pertama (Marsma) TNI Yuwono Agung Nugroho yang mengisi posisi sebagai Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara (Badilmiltun) Mahkamah Agung, dan Marsekal Muda TNI Dr. dr. Ferdik Sukma Wahyudin yang saat ini menjadi dosen tetap Universitas Pertahanan.

Yuwono, yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Peraturan Perundang-Undangan (Karo Turdang) Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI, telah dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Dirjen Badilmiltun oleh Ketua Mahkamah Agung RI Muhammad Syarifuddin di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, pada 18 Maret 2024.

Sementara itu, jabatan lama Ferdik sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pertahanan saat ini diisi oleh Mayjen TNI Rui F. G. P. Duarte yang sebelumnya menjabat Kepala Satuan Pengawas (Kasatwas) Unhan.

Perwira tinggi TNI lainnya yang kena rotasi, di antaranya yaitu Letjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, yang sebelumnya menjabat Kepala RSPAD Gatot Subroto Jakarta, saat ini menjadi staf khusus Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Panglima TNI sejauh ini belum menetapkan pengganti Budi Sulistya.

Kemudian, Mayjen TNI Fajar Setyawan yang sebelumnya menjabat Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, saat ini kembali ke Markas Besar TNI AD dalam rangka pensiun. Fajar digantikan oleh Brigjen TNI Lukmansyah yang mendapatkan promosi jabatan dari posisi dia sebelumnya sebagai Staf Khusus Kasad.








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Panglima TNI mutasi 52 pati, termasuk Kepala BAIS

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE