BNPB laporkan sembilan warga hilang akibat banjir dan longsor di Bandung Barat

id bandung barat,bnpb,banjir bandang,tanah longsor,banjir jabar,longsor jabar,kabupaten bandung barat,bencana,musibah,orang hilang

BNPB laporkan sembilan warga hilang akibat banjir dan longsor di Bandung Barat

Kondisi Desa Gindung, Cipongor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat setelah dilanda bencana banjir dan tanah longsor, Senin (25/3/2024) (ANTARA/HO-BNPB)

Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak sembilan orang hilang akibat banjir dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi, Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, mengatakan kesembilan orang itu merupakan warga Desa Gintung, Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

Informasi yang diterima Pusdalops BNPB, lanjutnya, kesembilan orang tersebut hilang diduga terbawa arus deras banjir dan gulungan tanah longsor sejak kemarin malam (Minggu, 24/3) di daerah itu.

Bencana tersebut dipicu oleh hujan intensitas tinggi sehingga volume air mengalir deras dan menyebabkan seketika tanah di atas bukit longsor menerjang pemukiman warga di bawahnya pada wilayah Cipongkor itu.
 

Ia memastikan tim SAR gabungan sudah di lokasi kejadian dan siang ini mulai mengintensifkan pencarian para korban dengan menyusuri kawasan yang dilanda banjir dan longsor.

Namun, lanjutnya, melihat kondisi di lokasi kejadian tidak menutup kemungkinan jumlah korban yang hilang akan bertambah.

Dalam proses tersebut, kata dia, petugas turut serta menggunakan pesawat tanpa awak atau drone pendeteksi panas tubuh dari Kantor SAR Bandung untuk menunjang kelancaran pencarian, dengan harapan korban bisa segera ditemukan apapun kondisinya.

Baca juga:
Kerugian banjir-longsor Pesisir Selatan Sumbar capai Rp1 triliun

Muhammadiyah bantu evakuasi dan dan dirikan dapur umum bagi korban banjir di Demak

Gempa susulan bermagnitudo 6,5 di timur laut Tuban dirasakan hingga Kota Malang


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB: Sembilan warga hilang akibat banjir dan longsor di Bandung Barat

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE