Bandara Internasional Minangkabau Kamis ditutup sementara akibat erupsi Marapi

id penutupan bim,erupsi marapi, bim ditutup,Padang Pariaman,Kantor Otoritas Bandara Wilayah VI,Bandara Internasional Minangkabau,BIM,erupsi Gunung Marapi

Bandara Internasional Minangkabau Kamis ditutup sementara akibat erupsi Marapi

Petugas menutup mesin pesawat agar tidak terpapar abu vulkanik di Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar. ANTARA/Muhammad Arif Pribadi.

Padang (ANTARA) - Kantor Otoritas Bandara Wilayah VI menutup sementara operasional Bandara Internasional Minangkabau (BIM) akibat terdampak sebaran abu vulkanik dari erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat.

"Ya betul. otoritas bandara menutup operasional BIM terhitung pukul 10.30 WIB hingga 14.00 WIB," kata Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VI Megi H. Helmiadi di Padang, Kamis.

Megi mengatakan penutupan sementara tersebut untuk mengantisipasi berbagai hal terutama yang menyangkut aspek keselamatan penerbangan dari dan ke bandara itu.

Kebijakan penutupan bandara yang berada di Kabupaten Padang Pariaman tersebut merujuk kepada hasil pengamatan sebaran abu vulkanik Gunung Marapi, serta Notice To Airmen (Notam) atau semacam pemberitahuan bernomor B0536/24 NOTAMR B0535/24.

Langkah penutupan BIM tersebut dilakukan dengan pertimbangan aspek keselamatan para penumpang pesawat terbang. Sebab, jika penerbangan tetap dilakukan maka abu vulkanik berpotensi masuk ke dalam kabin pesawat.

Kemudian dampak buruk lainnya yaitu abu vulkanik dapat menyumbat sistem pemantau kecepatan udara yang merupakan bagian penting ketika terbang dan mendarat. Selanjutnya, dapat mengganggu navigasi dan sistem elektronik lainnya.

Baca juga:
Gunung Semeru Jatim erupsi lagi dengan letusan setinggi 500 meter

Gunung Marapi kembali erupsi, kolom abu capai 1.000 meter

Gempa hembusan meningkat 1,5 kali lipat di Gunung Marapi Sumatera Barat



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bandara Minangkabau Kamis ditutup sementara akibat erupsi Marapi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE