Gunung Marapi kembali erupsi, kolom abu capai 1.000 meter

id gunung marapi,erupsi,bencana,gunung berapi,gunung meletus,Pengamatan Gunung Api,Bukittinggi ,abu vulkanik

Gunung Marapi kembali erupsi, kolom abu capai 1.000 meter

Erupsi Gunung Marapi setinggi 1.000 meter. Letusan ini menjadi yang pertama di ramadhan tahun ini setelah sebelumnya aktivitas gunung itu sempat menurun dalam lima hari terakhir,  Kamis (14/3/2024). ANTARA/Altas Maulana. 

Bukittinggi,- (ANTARA) -
Gunung Marapi di Sumatera Barat kembali mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu vulkanik mencapai 1.000 meter pada Kamis sekitar pukul 13.32 WIB.
 
Ketua Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi di Bukittinggi Ahmad Rifandi, di Bukittinggi, Kamis, mengatakan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 1.000 meter di atas puncak atau 3.891 meter di atas permukaan laut.
 
Ia mengatakan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30.3 milimeter dan durasi 36 detik.
 
Ia menegaskan meskipun kembali erupsi, status Marapi masih berada pada status level III (siaga) dengan rekomendasi masyarakat tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (kawah verbeek).
 
"Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan saluran pernapasan, serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit," kata Ahmad Rifandi.

Menurut dia, letusan ini menjadi yang pertama sejak awal Ramadhan sekaligus memutus catatan Marapi nol erupsi selama lima hari berturut-turut.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Marapi kembali erupsi dengan tinggi kolom abu capai 1.000 meter

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE