Penumpang internasional Hang Nadim Batam naik 10 persen menjelang lebaran

id Kepri ,batam ,hang nadim ,internasional,penumpang

Penumpang internasional Hang Nadim Batam naik 10 persen menjelang lebaran

Sejumlah pemudik saat memasuki gedung Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepri (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Pengelola Bandara Internasional Batam (BIB) Hang Nadim, Kepulauan Riau, menyebutkan arus penumpang internasional di bandara tersebut tumbuh 10 persen mencapai 180 orang dalam momen mudik Lebaran 2024 dibanding hari biasa.

Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB) Pikri Ilham Kurniansyah di Batam, Selasa, mengatakan angka tersebut merupakan penumpang penerbangan internasional dari Kuala Lumpur, Malaysia, ke Batam, yang kemudian melanjutkan penerbangan domestik ke berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya Padang.

"Penumpang tersebut akan mudik dari Malaysia ke Batam, kemudian melanjutkan perjalanan ke domestik terutama ke Padang yang terbesar, kemudian Palembang dan juga Kualanamu," ujar Pikri.

Ia menyampaikan sebelum memasuki momen mudik lebaran, jumlah penumpang dalam penerbangan reguler Batam-Kuala Lumpur hanya mencapai 140 orang per hari.

"Terakhir ini rata rata 140 penumpang sehari. Sekarang 170-180 per hari itu penerbangan internasional," kata dia.

Sementara itu untuk penerbangan domestik, hingga H-1 lebaran, Bandara Hang Nadim Batam telah melayani sekitar 104.000 penumpang atau tumbuh sekitar 30 persen dari tahun sebelumnya.

Sebelumnya, Pengelola Bandara Internasional Batam (BIB) Hang Nadim menyebutkan empat unit pesawat berbadan besar (airbus) melayani arus mudik Lebaran 2024.

Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB) Pikri Ilham Kurniansyah di Batam, Senin mengatakan terdapat empat unit pesawat Airbus dari maskapai Lion Air.

Ia memperkirakan Hang Nadim Batam akan melayani sekitar 18 ribu penumpang.

"Setiap hari (jumlah penerbang) berbeda-beda. Jadi ada yang 132 penerbangan, 118 penerbangan sampai 120 penerbangan tergantung permintaan," ujar Pikri.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE