Senator AS ancam sanksi keras ICC jika perintahkan tangkap PM Israel Netanyahu

id mahkamah pidana internasional,icc,tangkap netanyahu,senat as,senator as,konflik israel palestina,pelanggaran ham

Senator AS ancam sanksi keras ICC jika perintahkan tangkap PM Israel Netanyahu

Logo resmi Mahkamah Pidana Internasional (ICC). (wikimedia.org)

Washington (ANTARA) - Sejumlah senator Amerika Serikat (AS) mengancam akan menjatuhkan sanksi keras terhadap Mahkamah Pidana Internasional (ICC) dan jaksanya, Karim Ahmad Khan, apabila menerbitkan perintah penangkapan terhadap PM Israel Benjamin Netanyahu.

Mahkamah tersebut saat ini tengah menyelidiki dugaan kejahatan perang dan pelanggaran HAM yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza.

"Kami hendak menanggapi laporan yang menyatakan bahwa Mahkamah Pidana Internasional (ICC) kemungkinan akan mengeluarkan surat perintah penangkapan internasional terhadap perdana menteri Benjamin Netanyahu dan pejabat Israel lainnya," demikian menurut isi surat mereka kepada ICC.

"Tindakan tersebut tidak sah dan tidak memiliki dasar hukum, dan apabila dilaksanakan, akan menimbulkan sanksi yang berat terhadap Anda dan institusi Anda," ucap surat itu, sebagaimana diumumkan Senator Katie Boyd Britt.

Para senator yang semuanya berasal dari Partai Republik tersebut menganggap agresi Israel di Jalur Gaza merupakan tindakan membela diri yang dapat dibenarkan.


Sumber: Sputnik



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Senator AS ancam sanksi keras ICC jika perintahkan tangkap Netanyahu

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE