Pemkot Tanjungpinang ajak komunitas fotografer promosikan wisata dan budaya melalui foto

id EKSPLORE KEPRI,WISATA KEPRI

Pemkot Tanjungpinang ajak komunitas fotografer promosikan wisata dan budaya melalui foto

Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Hasan. ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) dan Kota Tanjungpinang mengajak komunitas fotografer Indonesia hingga mancanegara mempromosikan keindahan wisata daerah ini, agar makin dikenali di dunia internasional.

"Makanya, pemda mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan Eksplor Kepri 2024 yang diselenggarakan Kepri Photo Community (KPC), khususnya di wilayah Tanjungpinang dan Bintan," kata Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Hasan, Kamis.

Hasan berharap kegiatan ini berdampak positif pada kemajuan pariwisata Kepri, karena fotografi menjadi unsur penting untuk semua promosi yang dilakukan. Keindahan alam, wisata dan budaya yang ditangkap dalam bentuk foto kerap menjadikan alasan orang bepergian suatu tempat.

Melalui karya fotografi, kata dia, potensi Kepri yang dikenal sebagai salah satu objek pariwisata di tanah air, makin dikenali di tingkat dunia sehingga bermuara pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

Ia mengharapkan kegiatan tersebut dapat berjalan sukses dan berkelanjutan dalam rangka mempromosikan potensi Kepri yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

"Melalui objek visual foto yang bagus, menjadi promosi paling efektif untuk mengenalkan sejumlah objek wisata Kepri ke mancanegara, misalnya pulau bersejarah, Pulau Penyengat," ujar Hasan.

Ketua KPC E Riduan Tawaqqal mengatakan kegiatan Eksplor Kepri 2024 akan diikuti puluhan fotografer profesional dari tiga negara, yaitu Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Para peserta bakal mengeksplorasi keindahan alam di Kepri selama empat hari, mulai 12 sampai dengan 15 Mei 2024.

"Kegiatan Eksplor Kepri melalui fotografi bisa jadi momentum untuk memajukan pariwisata dan budaya Kepri, khususnya di Pulau Bintan (Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan)," kata Riduan.

Ridwan mengatakan kegiatan ini juga jadi wadah berkumpulnya para fotografer dari Indonesia dan Internasional untuk mengabadikan pesona keindahan di Kepri.

Menurutnya, Kepri adalah salah satu surga tersembunyi yang banyak belum terungkap melalui bidikan kamera para fotografer, terutama di Pulau Bintan.

"Melalui kegiatan bertema "It's Time to Explore" ini, diharapkan dapat memperkenalkan pesona wisata Kepri kepada dunia dengan cara yang unik dan memikat," ujar Ridwan.

Ridwan menyebutkan bahwa Kepri memiliki beragam potensi wisata yang layak mendapatkan perhatian dari para fotografer. Dari hamparan pantai dengan pasir putih dan air laut yang jernih di Bintan, hingga keindahan Pulau Penyengat di Tanjungpinang yang namanya sudah mendunia.

Hal itu diharapkan dapat memberikan peluang bagi para fotografer menciptakan karya-karya terbaik melalui sudut pandang fotografi.

"Kegiatan ini pun dapat mendorong perputaran ekonomi daerah, karena para fotografer dari luar negeri hingga daerah lainnya datang kemari, sudah tentu menginap di hotel dan berbelanja produk UMKM lokal," ujarnya pula.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov ajak fotografer mempromosikan keindahan Kepri

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE