KPU siapkan 1.800 TPS di Batam untuk Pilkada 2024

id Kepri,batam ,KPU,pilkada ,TPS

KPU siapkan 1.800 TPS di Batam untuk Pilkada 2024

Suasana TPS di Batam saat pelaksanaan Pemilu 2024 pada Februari lalu ANTARA/Jessica.

Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Kepulauan Riau menyebutkan bahwa sebanyak 1.800 tempat pemungutan suara (TPS) akan didirikan untuk Pilkada 2024.

Ketua KPU Kota Batam Mawardi di Batam, Rabu mengatakan saat ini masih tahapan pemutakhiran data tengah berjalan oleh PPK di masing-masing kelurahan. Untuk proses pemetaan TPS, jumlahnya akan menurun dibandingkan saat pelaksanaan pemilu pada Februari lalu.

“Satu TPS ada 600 pemilih, maka kemungkinan hasil rakor kami ini akan mengalami perubahan. Estimasi saya sekitar 1.800 TPS nanti yang akan ada di Pilkada serentak di Batam,” kata Mawardi.

Baca juga: Permintaan beras SPHP di Tanjungpinang tetap tinggi meski harga naik

Ia menyampaikan pemetaan TPS ini akan membantu dalam proses pemutakhiran data, hingga proses pencocokan data pemilih (coklit) mendatang.

Ia menjelaskan petugas pemutakhiran data akan memetakan pemilih dan TPS, sehingga dua hal tersebut harus sejalan.

Kata Mawardi, mengenai tahapan Pilkada lainnya, seperti pendaftaran bakal calon kepala daerah untuk partai politik akan dibuka pada bulan Agustus mendatang.

Baca juga: Pemkab Natuna intervensi stunting melalui kunjungan ke rumah warga

“Masih jauh. Kita tunggu saja nanti tahapan itu,” ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, membutuhkan sebanyak 3.889 petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) Pilkada 2024 di daerah ini.

Ketua KPU Kota Batam Mawardi di Batam, Rabu mengatakan dari daftar hasil sinkronisasi pemetaan TPS yang dilakukan terdapat sekitar 1.811 TPS.

"Karena ada ketentuan tidak mesti harus satu TPS satu pantarlih, karena ada TPS nanti yang potensinya bisa sampai dua makanya kebutuhan pantarlih untuk pilkada ini cukup besar," kata Mawardi.

Baca juga:
Pemkot Batam ajak masyarakat cegah kekerasan terhadap perempuan-anak

P3 Kota Tanjungpinang gelar 12 kali gerakan pangan murah selama 2024

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE