Gubernur Ansar: Idul Adha jadi momentum tingkatkan kepekaaan sosial

id Idul adha tingkatkan kepekaan sosial

Gubernur Ansar: Idul Adha jadi momentum tingkatkan kepekaaan sosial

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menjadi khatib Shalat Idul Adha 1445 Hijriah Provinsi Kepri di Lapangan Usman Harun (Masjid At-Thoriq) Kecamatan Sei Beduk, Kota Batam, Senin (17/6/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Kepri)

Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengatakan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah menjadi momentum umat meningkatkan kasih sayang dan kepekaan sosial terhadap sesama manusia.

Ia menekankan pentingnya sensitivitas sosial dan kesadaran terhadap masalah-masalah mendasar dalam kehidupan, seperti kemiskinan dan ketidakmampuan.

"Kita harus meninggalkan dan menjauhkan semua keburukan yang ada di hati, karena jika kita memeliharanya akan melahirkan kesombongan dan keangkuhan. Inti dari ibadah kurban adalah ketulusan dalam ketaatan, pengabdian, dan cinta hamba kepada Allah SWT," katanya saat menjadi khatib Shalat Idul Adha 1445 Hijriah Provinsi Kepri di Lapangan Usman Harun (Masjid At-Thoriq) Kecamatan Sei Beduk di Kota Batam, Senin.

Pada kesempatan itu, ia mengatakan tentang sosok Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, dan Siti Hajar, terkait dengan contoh pengorbanan dan keikhlasan mereka dalam menjalankan perintah Allah SWT. Mereka menjadi teladan umat Muslim saat menghadapi cobaan dari Allah SWT dan menjadi panutan yang pantas bagi anak muda dalam menjalani hidup.

Ia mengajak jamaah merenungkan nilai-nilai akidah islamiah, moral, dan akhlak yang harus ditegakkan.

"Dengan semangat berkurban, momentum Idul Adha ini dapat menjadi kesempatan bagi setiap individu untuk memberikan kontribusi yang lebih besar sesuai dengan profesi dan statusnya, dalam menjadi hamba-hamba yang terbaik di hadapan Allah SWT," ucap Gubernur Ansar.

Selain itu, ia mengajak masyarakat yang hadir untuk selalu bertakwa kepada Allah karena takwa salah satu bentuk ketaatan seorang hamba kepada Sang Pencipta.

"Marilah kita sebagai umat Muslim untuk sama-sama meningkatkan amal ibadah dan takwa kita, karena ketakwaan adalah salah satu ciri kita sebagai umat yang taat kepada Allah SWT," ujarnya.

Usai melaksanakan Shalat Idul Adha bersama masyarakat, Gubernur Ansar menyerahkan bantuan satu ekor sapi kurban kepada pengurus Masjid At-Thoriq sekaligus menyaksikan penyembelihan hewan kurban itu.

Sapi yang diberikan kepada pengurus Masjid At-Thoriq satu di antara puluhan hewan kurban yang sudah dibagikan Gubernur Kepri kepada masjid-masjid terpilih di wilayah itu.

Pembagian sapi kurban ke masjid merupakan kegiatan rutin dilakukan Ansar sejak dilantik menjadi Gubernur Kepri.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE