Riau siapkan 9.749,15 m2 tanah untuk jalan layang di Pekanbaru

id Dinas PUPR-PKPP Riau,Jalan layang

Riau siapkan 9.749,15 m2 tanah untuk jalan layang di Pekanbaru

Flyover di Jl Sudirman Kota Pekanbaru. ANTARA/HO-Humas Pemprov Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Pemprov Riau kini mematangkan persiapan pengadaan 9.749,15 m2 tanah untuk membangun flyover atau jalan layang di Kota Pekanbaru dengan menetapkan letak dan luas tanah lokasi berada di Kecamatan Binawidya seluas 4.201,83 m2 dan Kecamatan Tuah Madani seluas 5.547,34 m2.

"Persiapan tersebut dijalankan setelah dilakukan Penetapan Lokasi (Penlok) pembangunan flyover tersebut dan Dinas PUPR-PKPP Provinsi Riau sudah menerima surat penetapan lokasi pembangunan Flyover Simpang Garuda Sakti dari Pemerintah Kota Pekanbaru," kata Kepala Dinas PUPR-PKPP M Arief Setiawan di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan ganti rugi lahan masyarakat yang terkena pembangunan jembatan layang atau fly over Simpang Panam Kota Pekanbaru dibiayai APBD Provinsi Riau tahun anggaran 2024 sebesar Rp70 miliar.

Ia menyebutkan jangka waktu pelaksanaan pengadaan tanah berlangsung sejak Mei sampai Desember 2024, sedangkan pekerjaan fisik proyek pembangunan flyover tersebut mulai 2025 hingga 2026.

"Rencana pembangunan flyover tersebut berada pada simpul jaringan transportasi jalan kolektor dan jalan arteri di kawasan aglomerasi kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Keberadaan flyover ini adalah untuk mendukung kelancaran arus transportasi yang sering macet karena volume arus kendaraan yang melintas khusus pada saat jam sibuk yakni pada pagi dan sore," kata dia 

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE