Serangan Israel di Gaza memicu badai penderitaan manusia

id serangan israel di jalur gaza,palestina,pbb,sigrid kaag

Serangan Israel di Gaza memicu badai penderitaan manusia

Asap mengepul setelah serangan udara Israel di sebelah barat kota Rafah di Jalur Gaza selatan, pada 28 Juni 2024. ANTARA/Xinhua/Rizek Abdeljawad.

Hamilton, Kanada (ANTARA) - Koordinator Senior Kemanusiaan dan Rekonstruksi PBB untuk Gaza Sigrid Kaag menyatakan, serangan Israel di daerah kantong Palestina itu sudah memicu badai penderitaan manusia.

"Warga sipil Palestina di Gaza telah terjerumus ke dalam jurang penderitaan. Rumah mereka hancur, kehidupan mereka berubah," kata Sigrid Kaag kepada Dewan Keamanan PBB, Selasa (2/7).

Kaag melaporkan, sistem kesehatan publik di Gaza telah runtuh, dengan hancurnya sekolah-sekolah dan sistem pendidikan, hingga menimbulkan ancaman serius bagi generasi mendatang.

Ia memperingatkan suhu udara yang melonjak ketika musim panas dan krisis layanan dasar seperti pengelolaan limbah, fasilitas sanitasi dan pasokan air, serta momok wabah penyakit menular.

"Sebanyak 1,9 juta orang kini mengungsi di seluruh Gaza," kata Kaag.

Dia mengungkapkan kekhawatiran mendalam terkait perintah evakuasi terbaru di Khan Younis, dengan menyebut di Gaza, tidak ada tempat yang aman.


Sumber: Anadolu



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PBB: Serangan Israel di Gaza memicu badai penderitaan manusia

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE