BPH Migas: Kondisi pipa gas bumi di Batam terawat

id bph migas,pipa gas bumi,batam,tgi

BPH Migas: Kondisi pipa gas bumi di Batam terawat

Kunjungan kerja Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) ke fasilitas pipa transmisi gas bumi di Stasiun Gas Panaran PT Transportasi Gas Indonesia (PT TGI), Batam, Kepulauan Riau, Jumat (5/7/2024). ANTARA/HO-Humas BPH Migas

Jakarta (ANTARA) - BPH Migas menyebutkan jaringan pipa gas bumi di wilayah Batam, Provinsi Kepulauan Riau, dalam kondisi yang terjaga dan terawat dengan baik.

"Alhamdulillah, secara fisik cukup bagus dan andal. Peralatan dan pelaporan sudah terdigitalisasi, semua berjalan dan termonitor," kata Anggota Komite BPH Migas Wahyudi Anas usai mengecek fasilitas pipa transmisi gas bumi di Stasiun Gas Panaran PT Transportasi Gas Indonesia (PT TGI), Batam, Kepulauan Riau, Jumat (5/7/2024).

Dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, Wahyudi mengatakan pipa transmisi yang telah beroperasi sejak 2003 itu dalam kondisi yang baik.

Baca juga: Pelabuhan Internasional Sekupang hadirkan layanan shuttle bus untuk wisman

Untuk monitoring data dalam proses pengangkutan gas bumi, Wahyudi juga mengungkapkan TGI telah mengembangkan dengan mekanisme sistem SCADA.

"Penyaluran, volume, pengangkutan, tekanan, temperatur, komposisi gas bumi, semua sudah terpantau secara online, realtime. Ini juga merupakan bentuk custody transfer antara transporter kepada shipper-nya," kata dia.

Wahyudi menambahkan pipa tersebut memiliki fungsi yang vital dalam pengangkutan gas bumi dari Sumatera Selatan, Jambi, Tanjung Jabung, Batam, hingga jalur ekspor ke Singapura.

Baca juga: KPU Natuna-Kepri sosialisasikan kode etik ke badan ad hoc

"BPH Migas telah mengecek semua fasilitas dan telah sesuai prosedur. Volume pengangkutan telah dilaporkan kepada BPH Migas dan TGI merupakan badan usaha yang tertib dalam membayar penerimaan negara bukan pajak (PNBP)," kata dia.
Kunjungan kerja BPH Migas ke fasilitas pipa transmisi gas bumi di Stasiun Gas Panaran PT Transportasi Gas Indonesia (PT TGI), Batam, Kepulauan Riau, Jumat (5/7/2024). ANTARA/HO-Humas BPH Migas



Anggota Komite BPH Migas Iwan Prasetya Adhi mengatakan pihaknya hadir di Batam untuk menginformasikan regulasi terbaru terkait aktivitas TGI Acces Arrangement atau pemanfaatan bersama.

"Kedua, menginformasikan ketentuan terkait review tarif, antara lain mengatur bila terjadi penurunan tarif yang cukup drastis, maka penurunan ini akan dilaksanakan secara bertahap dengan mempertimbangkan keberlangsungan badan usaha dan tetap menjaga safety sesuai standar yang ditetapkan," kata dia.

Baca juga:
Disdik Batam upayakan calon siswa gagal PPDB bisa diterima sekolah negeri

Pemprov Kepri target Festival Raja Ali Haji jadi agenda tahunan



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPH Migas: Kondisi pipa gas bumi di Batam terawat dengan baik

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE