Penyembelihan Kurban di Batam Capai 3.919 Ekor

id Penyembelihan, Kurban, Batam,idul,adha,yusfa

Batam (ANTARA Kepri) - Jumlah hewan kurban yang disembelih di Kota Batam, Kepulauan Riau, saat Idul Adha 1432 Hijriyah lebih dari 3.919 ekor, terdiri dari 955 sapi dan 2.964 kambing.

"Hingga saat ini jumlah hewan kurban yang telah dilaporkan mencapai 3.919 ekor. Diperkirakan jumlah tersebut baru sekitar 70 persen dari keseluruhan hewan yang dijadikan kurban," kata Ketua Panitia Shalat Idul Adha Kota Batam, Yusfa Hendri, di Batam, Minggu.

Menurut Yusfa, data tersebut berdasarkan laporan sementara dari seluruh kecamatan dan warga Muslim Singapura yang berkurban di Batam.

"Data dari 12 kecamatan sudah masuk, namun masih akan ada tambahan lagi," ucapnya.

Pemerintah Kota Batam memperkirakan jumlah hewan kurban tahun ini meningkat sekitar 30 persen dari tahun sebelumnya.

"Pada 2010, jumlah hewan kurban yang disembelih terdiri dari 1.500 ekor sapi dan 2.500 kambing. Sementara berdasarkan laporan yang masuk jumlah kambing sudah jauh lebih banyak dari tahun lalu," kata dia.

Yusfa mengatakan selain hari ini proses pemotongan kurban masih akan berlangsung hingga empat hari ke depan.

Dinas Kelautan Perikanan Peternakan dan Kehutanan (KP2K) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau mencatat seluruh hewan kurban yang disembelih didatangkan dari Jawa, Bali, dan Sumatra daratan karena di Batam tidak diperbolehkan memelihara hewan ternak.

"Saat masuk, Balai Karantina sudah melakukan pengecekan. Sebelum penyembelihan, kami juga melakukan pengecekan ulang," kata Kabid Peternakan Dinas KP2K Batam, Sri Yunelli.

Dalam pengecekan yang dilakukan pada seluruh hewan kurban yang masuk ditemukan belasaan kambing yang sakit.

"Kami menemukan belasan kambing sakit dan tak layak disembelih," tambah dia.

Yunelli mengatakan, Dinas KP2K telah melarang pedagang menjual kambing-kambing yang sakit tersebut.

(pso-292/A027)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE