Massa ekstrem kanan bakar hotel di Inggris yang tampung migran

id aksi kerusuhan,pembakaran hotel,bentrokan pro-kontramigran

Massa ekstrem kanan bakar hotel di Inggris yang tampung migran

Aksi protes anti-migran di Inggris berubah menjadi aksi kekerasan, Minggu (4/8) ketika demonstran sayap kanan menyerang sebuah hotel di Rotherham, penampung pencari suaka, memecahkan jendela dan membakar bangunan/HO-Anadolu/www.aa.com.tr

London (ANTARA) - Aksi protes anti-migran besar-besaran berubah menjadi ajang kekerasan pada Ahad ketika demonstran ekstrem kanan menyerang hotel di Rotherham yang menjadi tempat penampungan para pencari suaka. Mereka memecahkan jendela dan membakar bangunan.

Insiden ini terjadi tepat sebelum tengah hari dan ditandai dengan bentrokan intens antara pengunjuk rasa ekstrem kanan dengan polisi dan kelompok pendukung migran.

Massa, yang banyak di antaranya mengenakan bendera Inggris dan Union Jack, berkumpul di luar hotel Holiday Inn Express dalam jumlah besar.

Demonstrasi dengan cepat semakin meningkat, dengan pengunjuk rasa melemparkan benda-benda ke arah petugas polisi, memaksa mereka untuk mundur.

Rekaman yang diunggah di media sosial menayangkan adegan kacau di mana para demonstran masuk ke lantai dasar hotel melalui jendela yang pecah dan membakarnya.

Sebuah demonstrasi tandingan yang mendukung hak-hak migran juga diadakan, dengan peserta meneriakkan slogan-slogan pro-migran sebagai tanggapan terhadap sentimen anti-imigran.

Ketegangan antara kedua kelompok semakin memicu ketidakstabilan situasi.

Insiden ini menyebabkan setidaknya satu petugas polisi terluka dan meningkatkan kekhawatiran tentang kerusuhan lebih lanjut.

Sementara itu, sebelumnya, Perdana Menteri Inggris pada Ahad menyebut para perusuh yang melakukan kekerasan sebagai "preman ekstrem kanan," dan memperingatkan bahwa mereka yang terlibat dalam kerusuhan di jalanan akan "menyesal." Dalam pidatonya kepada rakyat Inggris terkait kerusuhan yang sedang berlangsung, Keir Starmer mengatakan bahwa tidak ada keraguan bahwa mereka yang terlibat dalam kekerasan itu akan berhadapan dengan hukum dengan tegas.


"Saya jamin Anda akan menyesal ikut serta dalam kerusuhan ini, baik secara langsung maupun mereka yang menghasut aksi ini melalui internet lalu untuk diri sendiri," kata perdana menteri, menambahkan bahwa "ini bukanlah protes," tetapi "kerusuhan kekerasan yang terorganisasi."

Starmer menyatakan bahwa hal itu tidak memiliki tempat di jalanan Inggris atau dunia maya, dengan mengutip serangan terhadap sebuah hotel di Rotherham di mana jendela-jendela dipecahkan, bangunan dibakar, dan tamu serta staf ketakutan.

"Tidak ada pembenaran, termasuk untuk perbuatan itu, dan semua orang yang berpikiran sehat harus mengutuk kekerasan semacam ini."

Sebuah protes akbar anti-imigran berubah menjadi kekerasan pada Minggu saat demonstran sayap kanan menyerang sebuah hotel di Rotherham yang menampung pencari suaka, memecahkan jendela dan membakar bangunan.

Insiden ini terjadi tepat sebelum tengah hari dan ditandai dengan bentrokan intens antara pengunjuk rasa ekstrem kanan dengan polisi dan pendukung migran.

"Orang-orang di negara ini berhak untuk merasa aman dan kita telah melihat komunitas Muslim menjadi sasaran dan serangan terhadap masjid... Jadi, saya tidak akan ragu menyebut ini apa adanya, premanisme ekstrem kanan," kata Starmer.

Dia menambahkan: "Jika Anda menargetkan seseorang karena warna kulit atau agama, ini adalah ekstrem kanan."


Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Massa ekstrem kanan di Inggris membakar hotel penampung migran

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE