Dubes Swiss Kunjungi BP Batam

id dubes, swiss, kepala, badan, pegusahaan, batam, Heinz, Walker, Nederkoorn, mustofa, widjaja

Jakarta (ANTARA Kepri) - Duta Besar Swiss untuk Indonesia, Heinz Walker Nederkoorn  mengunjungi Kepala Badan Pengusahaan Batam Mustofa Widjaja dalam rangkaian pertemuan dwipihak tentang kerja sama ekonomi dan perdagangan, Rabu.

Bagi Dubes Swiss dan rombonan, kunjungan itu untuk mengetahui lebih lanjut tentang Kota Batam di Provinsi Kepulauan Riau yang berstatus kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas atau "free trade zone" (FTZ), kata Direktur Pelayanan Satu Pintu dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dwi Djoko Wiwoho.

Lawatan Nederkoorn merupakan salah satu rangkaian kegiatan pertemuan bilateral "the 3rd Joint Economic and Trade Bilateral Commission" 12—13 Desember 2011 di Batam. 

Pada pertemua dua hari itu, delegasi Swiss terdiri atas 30 orang investor serta pejabat pemerintahan, sedangkan delegasi Indonesia dipimpin Direktur Amerika-Eropa, Kementerian Luar Negeri, Retno LP Marsudi.

Kepala BP Batam, Mustofa, pada pertemuan tersebut memaparkan keunggulan FTZ Batam sebagai daerah tujuan investasi. 

Swiss telah menginvestasikan sebesar 4,7 juta franc Swiss untuk proyek di bidang pariwisata di Nusa Tenggara Timur.

Di Batam, hingga saat ini, terdapat tujuh perusahaan asal Swiss yang berinvestasi murni maupun patungan dengan nilai investasi sebesar US$39 juta.

Delegasi Swiss di sela-sela pertemuan bilateral juga mengadakan pertemuan dengan jajaran Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Kepulauan Riau, DPRD Kepri, Dinas Pariwisata Kota Batam, BP Bintan, BP Batam, BP Karimun, Kadin Kepri, Kadin Batam, HKI Batam, dan Batamindo. 

Selain itu, rombongan tamu juga berkunjung ke perusahaan asal Swiss Ciba Vision di Batamindo dan Asia Choco di Kawasan Industri Tunas.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE