Mengenal Andy dari Batam, legenda bola basket serbabisa di IBL dan timnas Indonesia

id Andy Batam,Legenda bola basket Indonesia,Indonesian Basketball League,IBL,Andy Batam Pelita Jaya,Andy Batam Aspac

Mengenal Andy dari Batam, legenda bola basket serbabisa di IBL dan timnas Indonesia

Dokumentasi mantan pebasket profesional dan legenda bola basket Indonesia Andy "Batam" Poedjakesuma (berdiri kiri), saat membela klub Aspac. ANTARA/HO-IBL

Jakarta (ANTARA) -
Mantan pebasket profesional dan legenda Indonesia, Andy "Batam" Poedjakesuma, dikenal sebagai pemain serbabisa yang pernah bermain di liga bola basket kasta tertinggi dalam negeri yang kini bernama Indonesian Basketball League (IBL).
 
Dalam laman IBL yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa, pemain yang berasal dari Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau itu telah 19 tahun berpetualang di dunia bola basket Tanah Air, sebelum pensiun pada 2016.
 
Pemain berposisi small forward (SF) tersebut memulai karir sebagai pebasket profesional pada 1997. Tim pertama yang menggunakan jasanya adalah Aspac Jakarta (kini bernama Stapac Jakarta) .
 
Bersama klub itu, dia berhasil mencapai puncak kesuksesannya, dengan menjadi juara pada 2000, 2001, 2002, 2003, dan 2005.
 
Pada 2009 dia sempat semusim di Garuda Speedy Bandung (kini bernama Prawira Harum Bandung). Setelahnya, pada 2010, dia memulai petualangan dengan pindah ke tim Pelita Jaya sampai pensiun.
 
Batam dinilai memiliki kecepatan, kekuatan, dan yang menjadikan dirinya sangat dikagumi adalah kemampuan mencetak poin dari tembakan jarak jauh.
 
Sepanjang kariernya, ia pernah mencetak 14,7 poin per gim (ppg), 6,8 rebound per gim (rpg), dan 1,5 assist per gim (apg) pada musim 2012-2013.
 
Menariknya, Batam memang sering kali berganti-ganti posisi yang berpengaruh pada catatan statistiknya.
 
Pada musim 2011-2012, Batam sempat mencetak rata-rata 2,5 steal per gim (spg).
 
Bahkan, bersama Kelly Purwanto, dia berhasil mengubah Pelita Jaya menjadi tim yang ditakuti.
 
Selain itu, karena bisa bermain di beberapa posisi, Batam dianggap sebagai pemain serba guna di Indonesia.
 
 
 
 
 

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Andy Batam, legenda bola basket serbabisa di IBL dan timnas Indonesia

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE