Lapas Batam terapkan pelayanan kunjungan berbasis elektronik

id lapas batam,kunjungan lapas, layanan elektronik, ditjen pas, kemenkumham, kota batam, kepulauan riau

Lapas Batam terapkan pelayanan kunjungan berbasis elektronik

Warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Batam, Kepulauan Riau, menggunakan layanan video call untuk menghubungi keluarganya yang tidak bisa berkunjung, Rabu (4/9/2024). ANTARA/Laily Rahmawaty

Batam (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Batam menerapkan layanan kunjungan berbasis elektronik bagi keluarga warga binaan yang datang mengunjungi keluarganya yang sedang menjalani masa pidana.

"Tujuan kami adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan terbaik bagi masyarakat," kata Kepala Lapas Kelas IIA Batam Heri Kusrita di Batam, Rabu.

Dia menjelaskan, layanan kunjungan berbasis elektronik cukup sederhana bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, tidak jauh berbeda ketika mengambil nomor antrean di bank.

"Ini sederhana, kayak layanan di bank, dan dipandu juga sama duta pelayanan," ujarnya.

Dibandingkan sebelumnya, layanan manual, masyarakat yang berkunjung datang mengambil nomor antrean dan dilakukan pemanggilan secara manual di Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

"Sekarang sudah di PTSP sudah dilengkapi informasi baik yang terpasang maupun berupa digital melalui pemutaran video," ucapnya.

Selain itu, Lapas Batam juga meningkatkan layanan dengan memberikan kenyamanan bagi pengunjung, terutama ibu yang membawa anaknya. "Di ruang PTSP juga dilengkapi ruang laktasi," ujar Heri.

Menurut dia, layanan elektronik ini juga terkait dengan keamanan di Lapas Batam. Masyarakat yang datang berkunjung wajib diperiksa barang bawaan.

Jadwal kunjungan bagi keluarga warga binaan di Lapas Batam terbuka setiap Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat. Hari Sabtu dan Minggu serta tanggal merah libur.

Selain itu, Lapas Batam juga melengkapi area parkiran dengan rambu-rambu yang memudahkan pengguna layanan. Inovasi ini dalam rangka memudahkan layanan.

Tidak hanya bagi pengunjung, Lapas Batam juga menyediakan layanan video call bagi warga binaan yang tidak bisa dikunjungi oleh keluarganya dapat berkomunikasi secara daring.

Layanan panggilan video tersebut tersedia di Lapas Batam sejak pandemi COVID-19.

"Waktu COVID semua warga binaan berkomunikasi menggunakan video call, karena di Batam ini antar pulau layanan video call lebih efektif untuk keluarga yang jauh," ujar Heri.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE