Sebanyak 462 warga binaan Rutan Karimun masuk DPT Pilkada 2024

id pilkada serentak 2024, dpt rutan karimun, kpu kabupaten karimun, rutan karimun, pesta demokrasi,pesta demokrasi,DPT Pilkada 2024,kepri,karimun

Sebanyak 462 warga binaan Rutan Karimun masuk DPT Pilkada 2024

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Kabupaten Karimun. (ANTARA/HO-Rutan Karimun)

Batam (ANTARA) - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau mencatat sebanyak 462 dari 605 warga binaan yang menjalani pemidanaan masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada serentak 2024.

“DPT Rutan Karimun sudah ditetapkan, yaitu 462 dan nanti akan ada DPT tambahan,” kata Kepala Rutan Karimun Arjiunna kepada ANTARA saat dikonfirmasi di Batam, Senin.

Dia menjelaskan jumlah DPT Rutan Karimun tersebut khusus warga binaan, belum termasuk pegawai rutan yang bertugas saat pemungutan suara berlangsung.

“Pegawai belum termasuk, karena belum ada arahan dari KPU,” ujarnya.

Adapun tambahan jumlah DPT yang dia maksudkan, adanya pengiriman dan pertukaran warga binaan yang terjadi di antara satuan kerja Ditjen Pemasyarakatan yang ada di Provinsi Kepri.

Menurut Arjiunna, setelah jumlah DPT warga binaan ditetapkan, pihaknya menunggu arahan dari KPU Karimun untuk tahapan selanjutnya.

Selama proses Pilkada 2024 ini, kata dia, Rutan Karimun tetap menjaga netralitas sehingga aktivitas pembinaan warga binaan tetap aman dan lancar.

“Kami tetap menjaga netralitas, dan menjaga rutan tetap aman serta kondusif selalu,” kata Arjiunna.

Seperti pada pemilihan umum sebelumnya, KPU menyediakan 1 TPS khusus di Rutan Karimun.

Sementara itu, KPU Karimun telah menetapkan jumlah DPT Pilkada 2024 sebanyak 194.290 pemilih, terdiri atas 98.296 pemilih laki-laki dan 95.994 pemilih perempuan yang mencakup 14 kecamatan.

Pilkada Kabupaten Karimun diikuti oleh tiga pasangan calon bupati/wakil bupati, yakni pasangan calon Firmansyah-Ery Suandy; pasangan calon Iskandarsyah-Rocky Bawole dan pasangan calon Bakti Lubis-Raja Bakhtiar.

Hari ini, KPU Kabupaten Karimun menjadwalkan pengambilan nomor urut calon bupati dan wakil bupati peserta Pilkada 2024.

Baca juga: KPU Natuna lakukan pengundian nomor urut paslon

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE