KPU Kota Batam lakukan sortir surat suara Pilkada 2024 selama tiga hari

id surat suara,logistik pilkada,kpu batam,kepri batam,kepri, kpu, pemilu

KPU Kota Batam lakukan sortir surat suara Pilkada 2024 selama tiga hari

Kegiatan sortir dan pelipatan surat suara pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam oleh tenaga sortir di gudang logistik KPU Batam, Senin (28/10/2024). ANTARA/Amandine Nadja

Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam, Kepuluan Riau, melakukan kegiatan sortir dan pelipatan surat suara Pilkada 2024 untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam dengan estimasi pelaksanaan selama tiga hari.

Ketua KPU Batam Mawardi mengatakan kegiatan sortir yang berlangsung di gudang logistik KPU Kota Batam itu merupakan bagian dari proses tata kelola logistik sesuai dengan Surat Keputusan KPU Nomor 1519 Tahun 2024.

"Surat suara ini khusus untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam sudah tersedia di gudang logistik, sehingga hari ini kami memulai proses sortir dan pelipatan," kata Mawardi di Batam, Senin.

Dia mengatakan kegiatan sortir dan pelipatan surat suara hari ini melibatkan 168 orang dari 200 tenaga sortir yang telah direkrut melalui proses terbuka dengan target penyelesaian antara 1.500 - 2.000 surat suara per hari

“Masing-masing tenaga sortir diharapkan dapat menyelesaikan antara 1.500 hingga 2.000 surat suara per hari. Dengan jumlah ini, kami yakin proses akan selesai dalam tiga hari ke depan,” ujarnya.

Dia menegaskan sebelum masuk ke ruang sortir, seluruh tenaga sortir menjalani pemeriksaan ketat oleh pihak kepolisian, termasuk pemeriksaan tubuh untuk memastikan tidak ada benda tajam atau alat lain yang dibawa ke dalam ruangan.

"Kami ingin proses sortir dan pelipatan surat suara ini berjalan dengan steril. Jadi benda tajam seperti peniti, air, atau makanan tidak boleh dibawa masuk ke area sortir," kata dia.

Kegiatan sortir dan pelipatan tersebut dimulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore, dengan satu kali istirahat pada pukul 12.00 siang.

“Hampir semua dari 24 item logistik sudah di gudang. Yang masih ditunggu adalah salinan daftar pemilih tetap (DPT) yang masih dalam proses pencetakan," ujarnya.

Untuk surat suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau, menurut dia, sedang dalam perjalanan dari Pulau Anambas atau sudah tiba di wilayah Kepri.

Mawardi mengatakan pengiriman tersebut diperkirakan akan sampai di Bintan pada dini hari, dan akan melanjutkan perjalanan menuju Batam secepatnya.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE