HMI Tantang DPRD Kepri Sumpah Pocong

id HMI, mahasiswa,Tantang, DPRD, Kepri, Sumpah, Pocong,korupsi,proyek,pusat,pemerintahan,dompak,tanjungpinang

Tanjungpinang (ANTARA Kepri) - Himpunan Mahasiswa Islam Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan menantang seluruh anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau melakukan sumpah pocong terkait dugaan oknum anggota legislatif menerima uang dari proyek pembangunan pusat pemerintahan di Pulau Dompak.

"Kami percaya sumpah pocong sebagai salah satu jalan untuk membuktikan apakah anggota DPRD Kepulauan Riau (Kepri) itu bersih atau tidak. Kalau mereka bersih tentunya bersedia melakukan sumpah pocong," ungkap Sekretaris Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Rio Wanis, Rabu.

Rio mengemukakan, dugaan adanya penyuapan dalam proyek pembangunan pusat Pemerintahan Kepri senilai Rp1,3 triliun sulit terbongkar, karena pihak penegak hukum kemungkinan kesulitan mendapatkan barang buktinya. Kasus penyuapan maupun korupsi ibarat angin, dapat dirasakan tetapi tidak terlihat.

Sumpah pocong merupakan salah satu cara untuk membongkar kasus dalam proyek tahun jamak tersebut (2007-2010). Masyarakat akan merasa bangga terhadap anggota DPRD Kepri yang berani melaksanakan sumpah pocong.

Anggota DPRD Kepri yang jujur tentunya berani melaksanakan sumpah pocong tersebut. Sebaliknya, anggota DPRD Kepri yang tidak berani melakukan sumpah pocong, diragukan kinerjanya.

"Yang jelas banyak proyek yang tidak selesai sampai sekarang," ujarnya.

Sumpah jabatan pada saat dilantik tidak menjamin anggota DPRD Kepri bersikap jujur dalam melaksanakan tugasnya. Apalagi banyak kasus korupsi di negeri ini yang melibatkan anggota dewan baik di tingkat pusat maupun daerah. 

"Dalam perjalanannya, beberapa anggota legisalatif lupa akan janji-janjinya kepada masyarakat dan melaksanakan sumpah jabatannya. Mereka lupa Allah saat melihat uang," katanya.

Sumpah pocong juga dapat menjadi bagian sejarah terbaru di DPRD Kepri yang tentunya didukung masyarakat yang mengharapkan anggota legislatif bekerja secara jujur dan profesional.

"Kami yakin masih banyak anggota DPRD Kepri yang jujur dan amanah dalam menjalankan tugas. Mereka harus berani membongkar kasus proyek di Dompak, Tanjungpinang," ungkapnya.

HMI Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan akan melakukan unjuk rasa untuk mendesak DPRD Kepri melakukan sumpah pocong di kantornya. Anggota DPRD Kepri juga diminta menandatangani surat pernyataan bersedia melakukan sumpah pocong.

"Kami akan menggelar aksi unjuk rasa di DPRD Kepri pada 1 Juni 2012. Kami juga akan melakukan demonstrasi di Kejati Kepri," ujarnya. (KR-NP/A013)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE