Kemenangan Obama Bawa Angin Segar FTZ BBK

id Kemenangan, Obama,presiden,amerika,,investasi,perdagangan,bebas,batam,bintan,karimun, FTZ, BBK,dpr,harry,azhar,azis

Batam (ANTARA Kepri) - Kemenangan Barrack Obama sebagai Presiden AS membawa angin segar pada dunia investasi di Kawasan Perdagangan Bebas Batam, Bintan dan Karimun.

"Liberalisasi ekonomi adalah idenya Obama, sehingga tentu akan sesuai dengan semangat FTZ BBK," kata Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Harry Azhar Azis di Batam, Jumat.

Konsep FTZ BBK dengan pelabuhan bebas dan kawasan bebas sejalan dengan gagasan Obama dalam melepaskan resesi ekonomi AS.FTZ menjadi unggulan dalam mempromosikan investasi di Indonesia.

"Dalam setiap perundingan dengan AS, pemerintah harus mampu menjelaskan dan ambil manfaat tentang konsep ini tentang industri dan perdagangan, yang lebih untung bila dilakukan di daerah FTZ," katanya.

Apalagi, kata dia, hingga saat ini Obama membuktikan dukungannnya pada Indonesia. Pada periode jabatan sebelumnya, puluhan pengusaha AS mengunjungi Batam untuk melihat peluang usaha di FTZ BBK. Kunjungan itu pun berbuah hasil dengan investasi yang dilakukan beberapa perusahaan alat berat.

"Itu membuktikan 'blue print' Obama kepada Indonesia tidak berubah," katamya.

Harry mengatakan Gubernur Kepulauan Riau harus bertemu langsung dengan Obama untuk menjelaskan peluang usaha di KPBPB BBK.

"Gubernur layak datang ke Obama dan memaparkan keunggulan investasi FTZ," kata lulusan doktor di Oklahoma State University AS itu.

Namun Gubernur harus mampu menjelaskan kepada masyarakat kunjungannya ke AS untuk kepentingan promosi dan untuk kesejahteraan masyarakat.

Perlu diketahui juga, promosi tidak semudah membalikkan telapak tangan dan membutuhkan waktu sampai pengusaha ada yang bersedia menanamkan modalnya.

"Jangan seperti katak dalam tempurung, investasi itu membutuhkan waktu. Setelah Gubernur ke sana, tidak serta merta investasi masuk," kata Harry. (ANTARA)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE