Kebakaran Ganggu Lalulintas Baloi-Batuaji Batam

id kebakaran,lahan,hutan,batam

Batam (Antara Kepri) - Kebakaran hutan pada simpang empat Sei Harapan, Sekupang, Kota Batam, Jumat siang mengakibatkan lalulintas dari Baloi arah Batuaji terganggu sehingga harus dialihkan.

"Jalan kami alihkan sementara. Untuk memudahkan proses pemadaman karena kebakaran terjadi hanya beberapa meter dari jalan," kata Petugas Pemadam, Ridwan.

Ia mengatakan, laporan kebakaran masuk ke Kantor Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) Direktorat Pengamanan Badan Pengusahaan Batam sekitar pukul 11.30 WIB.

Petugas mengatakan, saat sampai di lokasi kebakaran api sudah membesar dan membakar pepohonan, semak-semak mengering akibat hampir dua bulan tidak diguyur hujan.

Sebelum petugas datang, beberapa warga dengan peralatan seadanya sudah berupaya memadamkan api agar tidak meluas.

"Kami tidak ingin kendaraan yang melintas mengganggu pekerjaan pemadaman karena angin mengakibatkan api cepat membesar," kata dia.

Pada lokasi kebakaran juga nampak beberapa polisi lalulintas mengatur kendaraan termasuk truk-truk besar pengangkut bahan-bahan produksi untuk kawasan Industri Tanjunguncang yang banyak melintas.

Petugas Pemadam Kebakaran BP Batam mengatakan sejak 20 hari terakhir setidaknya 80 titik kebakaran lahan kosong dan hutan terjadi di Batam.

Ia mengatakan, kondisi Batam memang sangat kering setelah hampir dua bulan tidak diguyur hujan sehingga rawan terjadi kebakaran.

"Kami minta masyarakat tidak sembarangan membuang puntung rokok atau membakar semak-semak di hutan agar tidak memicu kebakaran," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE