Kesetaraan Gender jadi Topik Musabaqah Maqalah Quran

id Kesetaraan,Gender,Topik,Musabaqah,Maqalah,Quran,mtq,karimun,kepri

Kesetaraan Gender jadi Topik Musabaqah Maqalah Quran

Zainal Abidin, peserta asal kafilah Karimun memaparkan makalahnya dalam cabang lomba Musabaqah Maqalah Quran pada MTQ ke-5 Provinsi Kepri di Gedung Nasional Tanjung Balai Karimun, Senin (24/3). (antarakepri.com/Rusdianto)

Karimun (Antara Kepri) - Topik kesetaraan gender untuk kesejahteraan dibawakan 24 peserta lomba Musabaqah Maqalah Quran (MMQ) dalam Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Provinsi Kepulauan Riau di Gedung Nasional, Tanjung Balai Karimun, Senin.

Makalah kesetaraan gender untuk kesejahteraan, antara lain dipaparkan Herawati, peserta asal tuan rumah, Kabupaten Karimun di hadapan tiga dewan juri, yaitu mantan Menteri Agama Said Agil, Rafles dan Yusnar.

Herawati mengemukakan, posisi pria dan wanita sejajar meski kodratnya memiliki perbedaan.

Wanita, kata dia, memiliki kesempatan sama baik dalam dunia kerja maupun berbagai aspek kehidupan.

"Semua manusia sama di depan Allah, yang membedakannya hanya derajat ketakwaannya. Ungkapan ini memiliki makna bahwa pria dan wanita memiliki kesetaraan dalam kehidupan," katanya.

Zainal Abidin, peserta asal Karimun lainnya juga mengangkat tema kesetaraan gender dalam makalahnya.

Ia mengatakan, kesetaraan gender maju dengan pesat yang ditandai dengan makin banyaknya kaum perempuan berkiprah di berbagai bidang dan keilmuan, termasuk juga bidang politik maupun dunia kerja.

Menurut dia, perbedaan antara pria dan wanita hampir tidak ada. Namun demikian, kaum perempuan harus tetap menjaga kodratnya sebagai ibu rumah tangga.

"Dulu, kaum hawa hanya bisa mengurus rumah tangga, sekarang mereka sudah ada di mana-mana. Kesetaraan ini sesuai dengan ajaran Islam sebagaimana tertuang dalam Al Quran," ucapnya.

Zainal mengatakan, topik kesetaraan gender patut diangkat karena menjadi topik terhangat dalam pesta demokrasi Pemilihan Umum 9 April 2014.

Kaum perempuan, menurut dia mendapat kesempatan yang sangat luas untuk berkiprah di dunia politik melalui kebijakan kuota 30 persen keterwakilan perempuan dalam daftar calon anggota legislatif setiap partai politik.

"Kesetaraan gender harus didukung semua pihak sehingga perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam berbagai bidang," katanya lagi.

MMQ, merupakan salah satu cabang lomba MTQ tingkat Provinsi Kepri ke-5 yang diselenggarakan di Tanjung Balai Karimun pada 21-27 Maret 2014.

Cabang tersebut diikuti 24 peserta dari tujuh kabupaten/kota. Setiap peserta mendapat kesempatan memaparkan makalahnya selama 5 menit, dan menjawab pertanyaan tim penguji selama 10 menit. (Antara)

Editor: Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE