Guspurla Armabar Jemput KRI Rigel-933 di Sabang

id Guspurla,Armabar,Jemput,KRI,Rigel-933,Sabang,kapal,perang

KRI Rigel-933 bersandar di Sabang. Saat penjemputan, kapal itu didampingi dua kapal milik TNI AL, yang akan menyambut KRI Rigel-933 di Sabang
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Tim Gugus Tempur Laut Armabar TNI AL Rabu (6/5) akan menggelar tradisi penjemputan terhadap KRI Rigel-933, buatan Prancis, kata Perwira Penerangan Armabar, Mayor Agus SK, di Lanudal Tanjungpinang.

"KRI Rigel-933 bersandar di Sabang. Saat penjemputan, kapal itu didampingi dua kapal milik TNI AL, yang akan menyambut KRI Rigel-933 di Sabang", tambahnya.

Tim dari Armabar dan Dispen AL tiba di Tanjungpinang tadi sore dengan menggunakan Pesawat CN-235-220 MPA TNI AL. Pesawat ini biasanya digunakan untuk mengintai dari udara kondisi kemaritiman di Indonesia.

Tim tersebut membawa beberapa jurnalis televisi dan foto. Mereka akan menggunakan pesawat yang sama menuju Batam, kemudian langsung ke Sabang.

KRI Rigel-933, kata Agus, memiliki spesifikasi teknis sebagai kapal bantu hidro-oseanografi (OSV 190 SC-WB). Secara umum kapal itu memiliki kemampuan "multy purpose research vessel" seperti survei hidrografi, survei oseanografi, survei geofisika dan survei perikanan.

Kapal itu memiliki daya tahan di laut 20 hari untuk 46 personel dengan kecepatan maksimum 14 knot.     

"Jarak jelajah mencapai 4.400 NM pada kecepatan 12 knot state 0-1. Klasifikasi dikeluarkan oleh Bureau Veritas (Prancis)," katanya.

Agus menjelaskan semua material badan kapal menggunakan "marine grade alluminium alloy" dengan pembagian plat kapal menggunakan "alluminium alloy grade 5083", tulangan tekan menggunakan "alluminium alloy Grade 6005" dan memiliki tujuh dinding kedap dengan delapan kompartemen.

"Geladak kerja dilapisi 'removable wood' setebal 45 mm, memiliki dua 'boarding deck' untuk mempermudah akses ke belakang geladak 'main deck'. Pengelasan menggunakan spesifikasi standar dari BV," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE