Waduk Gesek Diharapkan Beroperasi 2016

id waduk,gesek,bintan,tanjungpinang,air,bersih,dprd,kepri,sofyan,samsir

Kami bukan hanya mengadakan rapat dengan PU, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV dan PDAM Kepri, tapi per tiga bulan sekali juga meninjau ke lapangan guna memastikan pengerjaan waduk ini sesuai rencana
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Sekretaris Komisi III DPRD Kepri Sofyan Samsir mengharapkan Waduk Gesek beroperasi penuh menyuplai air bersih pada 2016 mendatang.

"Karena awalnya hanya mempu menyuplai air 100 liter per detik, kini dengan perluasan sekitar 2 hektare, mampu menyuplai sebanyak 200 liter per detik," kata Sofyan Samsir di Waduk Gesek, Selasa.

Supaya rampung seperti yang diharapkan, Komisi III DPRD Kepri akan terus mengawasi pembangunan waduk tersebut. Sehingga, kebutuhan air bersih masyarakat di Tanjungpinang dan Bintan bisa terlayani dengan maksimal.

"Kami bukan hanya mengadakan rapat dengan PU, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV dan PDAM Kepri, tapi per tiga bulan sekali juga meninjau ke lapangan guna memastikan pengerjaan waduk ini sesuai rencana," papar politisi Partai Golongan Karya tersebut.

Sofyan menyatakan, Komisi III DPRD Kepri akan menjamin pelaksanaan proyek yang didanai APBN tersebut berjalan dengan lancar melalui upaya membantu dari segi nonteknis.

"Misalnya, bagaimana ganti rugi lahan berjalan sesuai rencana, pengerjaan yang rampung pada waktunya, serta mengawasi pengerjaan instalasi jaringan pengolahan air atau SPAM," tegasnya.

Upaya tersebut yang membuat Waduk Gesek bisa beroperasi penuh kepada masyarakat Tanjungpinang dan Bintan, kata dia lagi.

Sementara itu, menurut Dirut PDAM Tirta Kepri Abdul Kholik, jika Waduk Gesek mampu menyuplai 200 liter per detik, otomatis kebutuhan air masyarakat di wilayah waduk dan Zona IV Tanjungpinang terlayani dengan baik.

"Zona IV mencakup wilayah KM 5 ke atas sampai Bintan Center, sementara Zona I sampai III dari pelabuhan ke KM 5 disuplai dari Sei Pulai," tutur Abdul Kholik.

Artinya, secara berangsur-angsur kebutuhan air masyarakat Bintan dan Tanjungpinang terlayani, ucap dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE