17 Pesawat Tempur Mendarat di Hang Nadim

id Pesawat,Tempur,Mendarat,Hang,Nadim,natuna,latihan,tni,au

Secara total latihan tadi melibatkan 13 pesawat F-16. Sebanyak delapan unit dari Lanud Iswahyudi Madiun dan lima dari Pekanbaru. Namun yang mendarat di Batam hanya 10 unit
Batam (Antara Kepri) -  Tujuh pesawat tempur Sukhoi SU-27/30MKI Flankers, dan 10 F-16 Fighting Falcon mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam seusai berpartisipasi dalam puncak Pelatihan Angkasa Yudha 2016 di Kabupaten Natuna, Kamis.

"Pesawat-pesawat yang mendarat baru saja mengikuti acara puncak Latihan Angkasa Yudha di Natuna. Mereka baru akan kembali ke markas masing-masing mulai Jumat (7/10)," kata Komandan Pangkalan Udara Tanjungpinang Kolonel Pnb Ign Wahyu Anggono di Batam.

Selain pesawat tempur, kata dia, ada dua Hercules dan satu helikopter TNI AU mendarat di Hang Nadim.

Komandan Skuadron Wing 3 Madiun, Letkol Anjar Legowo saat di Hang Nadim mengatakan 10 F-16 yang berada di Hang Nadim berasal dari Lanud Iswahyudi Madiun dan Lanud Roesmin Nurjadi Pekanbaru.

"Secara total latihan tadi melibatkan 13 pesawat F-16. Sebanyak delapan unit dari Lanud Iswahyudi Madiun dan lima dari Pekanbaru. Namun yang mendarat di Batam hanya 10 unit," kata dia.

Pada acara Latihan Angkasa Yudha, F-16 melakukan simulasi pertempuran dua lawan dua dengan pesawat Sukhoi sekitar lima menit.

Skenario latihan yang melibatkan F-16 dan Sukhoi adalah sebelum menyerang home base musuh, pesawat tempur Sukhoi dicegat pesawat musuh yang diperankan F-16 hingga terjadi pertempuran diudara dan saling kunci.

Setelah Sukhoi dapat mengalahkan F-16, satu skadron masuk melakukan operasi dengan membasmi rudal antiserangan udara pihak musuh.

Dengan dukungan berbagai pesawat tempur lainnya, home base musuh akhirnya bisa dihancurkan dan menyisakan satu kapal musuh, yang masih berada di perairan Indonesia.

"F-16 bersama Sukhoi menjatuhkan bom. Satu pesawat F-16 kami dipasangi enam bom," kata Anjar.

Sementara itu Komandan Skadron 11 Makassar Letkol Pnb David Ali Hamzah mengatakan, empat pesawat Sukhoi yang terbang dari Hang Nadim Batam Kamis pagi untuk mengikuti kegiatan tersebut masing-masing dibekali 18 unit bom.

Empat pesawat Sukhoi bersama tiga pesawat Sukhoi lain kembali ke Hang Nadim seusai mengikuti latihan. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE